Perbedaan Nilai-Nilai Individual Antara Manager Pria dan Wanita Yang Menggunakan Telepon Genggam.

Sulistiowati, Atiek (2000) Perbedaan Nilai-Nilai Individual Antara Manager Pria dan Wanita Yang Menggunakan Telepon Genggam. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148972

Abstract

Perilaku membeli seseorang tidak terlepas dari nilai-nilai yang dianut individu. Nilai individu adalah suatu yang dapat dipercaya seseorang yang dalam beberapa hallebih disukai dari hal-hal yang berlawanan. Menurut Rokeach da 2 (dua) jenis nilai individual yaitu nilai instrumental dan nilai terminal. Nilai individu ini akan mempengaruhi pengambilan keputusan dan perilaku konsumtif seseorang dalam membeli suatu produk, misalnya telepon genggam. Dalam kenyataannya, pemakai telepon ini sebagian besar adalah masyarakat bisnis, sebagai salah satu contohnya adalah seorang manajer. Dalam aktivitasnya, seorang manajer sering berada pada situasi yang menuntut dirinya untuk mudah dihubungi. Telepon genggam merupakan altematif terbaik yang ditawarkan tmtuk mengatasi masalah tersebut diatas. Kedudukan seorang manajer tidak hanya ditempati oleh pria tapi juga wanita, dan tentunya memiliki perbedaan dalam perilakunya. Dengan berbedanya pria dan wanita karena lingkungan sosial dan budaya tentunya akan memiliki nilai-nilai individu yang berbeda. Pada penelitian ini ingin diketahui apakah ada perbedaan nilai-nilai individual antara manajer pria dan wanita yang menggunakan telepon genggam. Subjek penelitian ini adalah 25 rnanajer pria dan 25 manajer wanita. Alat pengukur data menggunakan angket yang bersifat tertutup dan terbuka. Tehnik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai individual yang signifikan antara manajer pria dan wanita yang menggunakan telepon genggam (t=5,688 ; p (0,000) < 0,01 ). Rerata nilai individual untuk kelompok manajer pria adalah 128,560, sedangkan rerata untuk manajer wanita adalah 137,120. Ada perbedaan nilai instrumental yang signi:fikan antara manajer pria dan wanita (t=28,327 ; p (0,000) < 0,01). Rerata nilai instrumental untuk manajer pria adalah 34,200, sedangkan untuk manajer wanita adalah 48,040. Ada perbedaan nilai terminal yang signifikan antara manajer pria dan wanita (t = -10,788 ~ p (0,000) < 0,01). Rerata nilai terminal untuk manajer pria adalah 94,360, untuk manajer wanita adalah 79,080. Disarankan untuk peneliti selanjutnya perlu pengembangan lebih lanjut terutama yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai individual misal, usia, ekonomi dan sebagainya. Saran praktis untuk dunia industri diharapkan dapat melihat dengan jemih apa yang sebenarnya yang dimaksud konsumen ketika menyinggung nilai individual yang akhimya nilai individual ini mencerminkan hubungan konsumen-produk:. Saran untuk iklan diharapkan dapat melihat dengan jelas nilai individual yang diyakini konsumen seperti nilai instrumental yang menonjol pada manajer wanita adalah kompetensi dan integritas, sedangkan pada pria adalah kompetensi, welas asih dan integritas. Untuk nilai terminal yang menonjol pada manajer wanita adalah kepuasan pribadi dan keamanan, sedangkan pada pria adalah aktualisasi diri dan keamanan yang terkait dengan produk .

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 06 Nov 2012 07:53
Last Modified: 22 Sep 2020 04:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item