Teja, Wahyuweni Wibowo (1998) Penerapan Target Costing Sebagai Alat Cost Management Dengan Value Engineering Untuk Melakukan Cost Reduction Pada PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1220_Abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama suatu bdan usaha yang profit-oriented adalah mendapatkan profit semaksimum mungkin. Profit didapat jika harga jual produk melebihi biaya-biaya yang terjadi untuk menghasilkan produk tersebut. Selain itu ada tujuan lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu untuk memuaskan konsumen. Badan usaha berusaha untuk menawarkan suatu produk yang dapat memuaskan konsumen baik dari segi harga, kualitas maupun hal-hal lain yang dapat membedakan produk tersebut dengan produk pesaing (functionality). Oleh karena itu agar dapat memposisikan pada peran konsumen maka diadakan survei pasar untuk mengetahui selera konsumen, produk berkualitas seperti apa yang diinginkan serta pada harga berapa konsumen bersedia untuk membayarnya. Dengan harga tertentu tersebut konsumen pasti menginginkan performance yang tertentu pula dari produk tersebut. Badan usaha berusaha untuk mewujudkan hal di atas agar konsumen mendapatkan produk yang benar-benar diinginkan dari segi apapun. Jika telah diketahui harga yang akan digunakan (sesuai keinginan konsumen) dan besar profit yang diinginkan, maka sekarang tinggal me-manage biaya-biaya produk yang akan terjadi agar sebesar target cost-nya. Me-manage biaya bukanlah hal yang mudah, bagaimana caranya agar biaya yang timbul seminimum mungkin namun tetap tidak boleh mengabaikan kualitas dan functionality yang diharapkan o1eh konsumen. Untuk menyelesaikan masalah ini dapat digunakan teknik target costing dan value engineering. Saat yang paling tepat untuk me-manage biaya adalah pada saat pertarna kali perancangan suatu produk dilakukan (sebelum produk tersebut diluncurkan/diproduksi), pada saat ini semua biaya yang akan terjadi dapat dikendalikan. Agar perancangan biaya yang dilakukan dapat memberikan hasil yang akurat akan digunakan metode activity-based costing. Semua biaya yang akan terjadi diestimasikan dulu, jika masihm diatas target cost maka akan dilakukan value engineering yang merupakan usaha untuk mengurangi biaya produk yang akan terjadi agar dapat sebesar target cost tanpa mengabaikan kuditas dan functionality yang diinginkan oleh konsumen. Biaya produk dikurangi melalui menganalisis produk dan proses dengan mengurangi aktivitas-aktivitas yang tidak menambah nilai. Dengan demikian maka konsumen akan mendapatkan kepuasan baik dari segi harga, kuaiitas dan functionality, sedangkan badan usaha sendiri akan tetap mendapatkan keuntungan sebesar yang diinginkannya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 12 May 2014 07:48 |
Last Modified: | 13 May 2014 08:19 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13938 |
Actions (login required)
View Item |