Pengaruh Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif Pada Biro Perjalanan Umum Dalam Industri Pariwisata Di Surabaya

Wijaya H., Setyo Cipto (1998) Pengaruh Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif Pada Biro Perjalanan Umum Dalam Industri Pariwisata Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1230_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1230_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153586

Abstract

Industri pariwisata pada tahun-tahun terakhir mendapat sorotan yang tajam dari pemerintah dan investor. Pemerintah memberikan kemudahan bagi investor untuk menginvestasikan modal yang mereka miliki pada sektor pariwisata. Sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa negara terbesar memberikan peluang emas bagi investor untuk menanamkan modalnya pada sektor ini. Bentuk perhatian pemerintah pada industri pariwisata adalah dengan menetapkan tahun 1991 sebagai tahun kunjungan wisata Jndonesia (Visit Indonesian Year) dan tahun kunjungan ASEAN (Visit ASEAN year) yang merupakan perwujudan kerjasama setiap negara ASEAN dalam promosi kepariwisataan. Kerjasarna antar negara ASEAN ditindak lanjuti dengan diadakannya Asean Tourism Forun (ATF) pada tahun 1996, sebagai ajang promosi wisata negwa-negara ASEAN. Pernerintah juga memberikan kemudahan dalam pengembangan bisnis dibidang kepariwisataan, yaitu dalarn bentuk peningkatan aksesbilitas, baik darat, laut, dan udara. Pasar industri pariwisata yang ramai mendorong untuk melakukan persaingan diantara badan 'usaha pada industry pariwisata, sehingga perlu suatu badan usaha mempunyai keunggulan kompetitif untuk tetap bertahan menghadapi persaingan. Biro perjalanan umum sebagai obyek penelitian dipilih karena biro perjdanan umum ini berfungsi sebagai perantara wisatawan dengan badan usaha lain dalarn industri pariwisata. Pencapaian keunggulan kompetitif dapat dilakukan dengan jalan melakukan serangkaim tindakan inovatif. Pengembangan kegiatan inovatif yang memperhatikan strategi generik dari badan usaha akan menciptakan keunggulan kompetitif yang akan meningkatkan daya saing pada badan usaha sejenis. Dalam melakukan inovasi harusdijaga mengenai ketajaman strategi generiknya supaya dapat mempunyai keunggulan dalam salah satu strategi generik. Suatu biro perjalanan yang mempunyai keunggulan kompetitif dalam salah satu strategi generik dapat menciptakan image pada wisatawan yang akan mengadakan perjalanan untuk memakai jasa biro perjalanan. Suatu biro perjalanan umum harus memperhatikan aspek-aspek organisasi yang inovatif yang terdiri dari pertama individual dalam organisasi, kedua organisasi itu sendiri yang meliputi lingkungan fisik, kelompok, dan organisasi, yang terakhir adalah proses pengembangan inovasi. Pembahasan lebih lanjut mengenai kegiatan inovatif yang dapat memicu keunggulan kompetitif suatu biro perjalanan urnum dapat dijelaskan secara lengkap pada skripsi ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 12 May 2014 09:40
Last Modified: 16 May 2014 06:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item