Penerapan Sistem Informasi E-Learning Guna Meningkatkan Efisiensi Pembelajaran Dan Penguasaan Materi Pada Mahasiswa (Studi Kasus Asistensi Pengantar Aplikasi Komputer Semester Gasal 2005-2006

Abdi, Faustine Petunia (2006) Penerapan Sistem Informasi E-Learning Guna Meningkatkan Efisiensi Pembelajaran Dan Penguasaan Materi Pada Mahasiswa (Studi Kasus Asistensi Pengantar Aplikasi Komputer Semester Gasal 2005-2006. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2041_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2041_Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152768

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran merupakan salah satu syarat utama untuk meningkatkan mutu mahasiswa. Peningkatan mutu pembelajaran ini salah satunya dengan menyediakan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Media tersebut salah satunya bisa dengan bantuan Teknologi Informasi, dengan media ini metode pembelajaran yang konvensional dapat dirubab menjadi metode pembelajaran digital yang lebih dikenal dengan metode e-learning. Metode ini dilaksanakan untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk peningkatan mutu mahasiswa. Universitas Surabaya khususnya Fakultas Ekonomi menyediakan matakuliah PAK (Pengantar Aplikasi Komputer) yang mengajarkan tentang pengantar komputer dan beberapa aplikasi perkantoran menerapkan sistem pembelajaran yang dibantu oleh tutor dalam hal ini disebut sebagai asisten dosen memberikan metode pengajaran semi konvensional dimana mahasiswa dihadapkan pada komputer dan diajarkan yang hanya menjadi materi perkuliahan. Fenomena ini menjadi menarik jika metode pembelajaran ini dirubah dengan metode pembelajaran digital (e-learning) dengan cara mahasiswa yang diberikan keleluasaan untuk mendapatkan informasi melalui lingkungan luar selain dengan bantuan tutor atau asisten yaitu melalui internet. Perubahan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan sistem informasi e-learning pada mahasiswa serta bagaimana sistem informasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi pada mahasiswa. Diketabui babwa asistensi PAK belum melakukan metode pembelajaran digital, maka itu diadakan pengujian pada mahasiswa peserta asistensi PAK untuk mengetahui perbedaan dari sistem informasi pembelajaran konvensional dengan menggunakan sistem informasi elearning. Dengan adanya perubahan ini mutu mahasiswa akan meningkat. Setidaknya metode semi konvensional ini dirubah menggunakan metode e-learning yang didapat dari pengujian sistem informasi e-learning untuk mendapatkan mahasiswa yang mempunyai wawasan yang luas pada setiap matakuliahnya. Metode ini dilakukan juga pada matakuliah konseptual lainnya, dengan menggunakan media internet sebagai media pembantu untuk membantu menerapkan sistem informasi ini (sistem informasi e-learning).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 13 May 2014 07:11
Last Modified: 13 May 2014 07:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item View Item