MULYANI, MELITA (2013) Pembuatan Visual Novel Pengenalan Siddhartha Gautama Untuk Anak Usia 4 - 6 Tahun. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_1597_Abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Pengenalan agama pada anak sebaiknya d ilakukan sejak usia dini karena anak usia dini dapat dengan cepat menyerap apa yang diajarkan kepadanya. Namun, saat ini media multimedia interaktif tentang Agama Buddha masih sangat jarang. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif pengenalan tokoh utama dalam Agama Buddha, yaitu Siddhartha Gautama. Apli kasi ini berbentuk visual novel yang dilengkapi gambar dan suara. Dalam aplikasi ini juga terdapat mini game kuis yang bertujuan untuk menarik minat anak untuk menggunakan aplikasi dan juga mengevaluasi seberapa dalam anak dapat menyerap cerita dalam aplikasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan menganalisis tentang psikologi anak usia 4 - 6 tahun dan membagikan kuisioner pada anak untuk mengetahui desain seperti apa yang disukai anak - anak. Setelah mendapatkan data, proses dilanjutkan dengan membuat seluruh aset yang diperlukan untuk pengimplementasian aplikasi. Pembuatan aset, suara dan program dalam aplikasi ini menggu nakan software Adobe Illustrator CS5, Adobe Audition 1.5 dan Adobe Flash CS5 . Aplikasi ini telah melewati tahap uji coba dengan membagikan kuisioner pada user dan pembimbing (pembina sekolah minggu dan orang tua). Dari hasil uji coba, aplikasi ini mendapatkan respon positif baik dari user maupun pembimbing
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agama Buddha , Siddhartha Gautama, visual novel, multimedia interaktif |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Radiyanti 201032 |
Date Deposited: | 14 May 2014 02:06 |
Last Modified: | 14 May 2014 02:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14139 |
Actions (login required)
View Item |