Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistik Pada PT Diantrijaya Utama Mukti Di Surabaya

CHANDRA, JOSEPH CHRISTIANTO (2013) Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistik Pada PT Diantrijaya Utama Mukti Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5371_Abstrak.pdf

Download (33Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233925

Abstract

PT Diantrijaya Utama Mukti merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Packaging dengan produk utamanya adalah Laminating Woven Bag. Perusahaan ini telah banyak bekerja sama dengan perusahaan perusahaan besar seperti PT Cheil Jedang, PT Central Proteinaprima TBK, PT Cargill Indonesia dll. Dalam menjalankan kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya untuk menghasilkan produk yang baik dan mengurangi kecacatan produk dengan menetapkan batas toleransi kecacatan sebesar 2%. Tetapi pada kenyataan di dalam proses produksi menunjukkan adanya tingkat kecacatan yang melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pengendalian kualitas dengan metode statistik pada proses produksi Laminating Woven Bag tipe SS-02P pada PT Diantrijaya Utama Mukti. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan metode statistic berupa check sheet, histogram, diagram pareto, analisis control chart (pchart), analisis diagram sebab-akibat dan analisis Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masih saja terdapat kecacatan pada warna tinta printing buram dan gambar bergerak, laminasi tidak menempel, lem gelembung, pinggiran woven sobek, salah potong dan jahitan terbalik yang melebihi batas toleransi perusahaan. Diagram Pareto diperlukan untuk mengetahui jenis-jenis cacat yang paling sering terjadi di dalam proses produksi yang dilakukan. Diagram sebab akibat yang menunjukkan akar permasalahan atau sebab dan akibat dari suatu permasalahan yang timbul dari suatu proses produksi. Setelah itu PT Diantrijaya Utama Mukti menggunakan Failure Mode Effect Analysis diperoleh nilai RPN (Risk Priority Number) yaitu nilai yang akan menjadi resiko untuk dipilih menjadi prioritas utama dalam perbaikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pengendalian Kualitas, Metode Statistik, Diantrijaya Utama Mukti, PT Cheil Jedang, PT Central Proteinaprima TBK, PT Cargill Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 14 May 2014 05:55
Last Modified: 14 May 2014 05:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item