Fransiskho, Lucia Fraulein (2000) Penerapan Target Costing System Dengan Didukung Value Engineering Untuk Menetapkan Standar Harga Beli Bahan Baku Pada PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1429_Abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan industri sepatu, sandal dan alas kaki lainnya di Indonesia dalam skala besar dan moderen serta munculnya Cina, Vietnam dan India sebagai produsen sepatu dan alas kaki lainnya menyebabkan persaingan menjadi semakin kompetitif pada pasar dalam negeri maupun luar negeri. PT "X" merupakan badan usaha yang bergerak pada industri alas kaki. Saat ini, PT "X" berencana untuk memproduksi produk barunya, yaitu: sandal tipe CLASSIC. Agar produk tersebut bisa berhasil pada saat diluncurkan, PT "X" harus berhati-hati pada saat merancang produk barunya, baik harga jualnya maupun biayanya. Dalam skripsi ini akan dibahas mengenai penerapan target costing dengan didukung oleh value engineering untuk menetapkan harga beli komponen bahan baku. Data-data yang digunakan adalah data penjualan dan data operating income PT "X" untuk bulan Januari-Agustus 1999. Konsep target costing dimulai dengan menetapkan tingkat harga yang diinginkan oleh konsumen (Target Price). Setelah itu, akan ditetapkan tingkat marjin yang diinginkan oleh PT "X". Target cost akan diperoleh dengan cara mengurangkan target price dengan target margin. Berdasarkan target cost yang telah ditetapkan, PT "X" akan mulai merancang produk barunya sesuai dengan karakteristik yang diinginkan oleh konsumen. Karena target cost tersebut baru merupakan sasaran maka harus dilakukan estimasi biaya yang mencerminkan kondisi yang sesungguhnya (drifting cost). Untuk dapat mencapai target cost maka badan usaha perlu melakukan value engineering yang dapat menghasilkan pengurangan biaya. Value engineering yang dilakukan meliputi analisa terhadap komponen bahan baku yang menyusun produk tersebut. Dalam melakukan cost reduction, PT "X" perlu membina hubungan yang baik dengan pemasoknya, karena dengan adanya hubungan ini, PT "X" dapat mengurangi biaya yang terjadi dengan menekan harga beli komponen bahan baku yang dibeli dari pemasok. Jika pada pelaksanaannya nanti PT "X" konsisten dengan apa yang telah direncanakan maka target cost akan tercapai tanpa mengabaikan kualitas dan functionality yang diinginkan konsumen dan peluncuran sandal tipe CLASSIC nanti akan memberikan kesuksesan bagi PT "X".
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 14 May 2014 06:06 |
Last Modified: | 14 May 2014 06:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14192 |
Actions (login required)
View Item |