Analisa Ekuitas Merek dan Positioning Sabun Lux

., Sudarno (1999) Analisa Ekuitas Merek dan Positioning Sabun Lux. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232165

Abstract

Perkembangan industri sabun dalam tahun-tahun terakhir ini sangat pesat dengan munculnya banyak merek sabun yang beredar di pasar, sehingga persaingan antar merek sabun semakin meningkat. Untuk itulah diperlukan suatu pengelolaan merek yang baik, sehingga diperoleh merek yang kuat. Merek yang kuat akan memiliki kekayaan merek (ekuitas merek) yang tinggi. Ekuitas merek terdiri dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi-asosiasi merek (Brand Association), kesan kualitas (perceived quality) dan loyalitas merek (brand loyalty). Sehingga dengan memiliki ekuitas merek yang tinggi, maka penjualan sabun akan meningkat. Selain itu, posisi merek juga sangat penting dalam menentukan strategi yang tepat untuk persaingan. Sabun LUX diproduksi P.T. Unillever di Surabaya merupakan salah satu sabun yang telah lama ada di Indonesia. Untuk mengetahui ekuitas merek dan posisi sabun LUX saat ini, perlu diadakan penelitian. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah menentukan tujuan penelitian serta melakukan studi kepustakaan, identifikasi variabel, penentuan sampel, pengumpulan data, uji validitas dan reliabilitas, pengolahan data, analisa data (analisa deskriptif, dimensi, cluster, diskiminan, Manova, Ketergantungan, MDS). Dari hasil analisa data diperoleh dua segmen yaitu segmen kesan kualitas sedang dan kesan kualitas cukup tinggi. Pada segmen kesan kualitas sedang, mayoritas konsumen adalah berjenis kelamin pria, berpendidikan perguruan tinggi, dengan tingkat loyalitas yang rendah. Sedangkan pada segmen kesan kualitas cukup tinggi, mayoritas konsumen berjenis kelamin wanita, berpendidikan sekolah menengah, dengan tingkat loyalitas yang sedang. Sehingga strategi yang dilakukan adalah lebih memfokuskan pada segmen kesan kualitas sedang dengan tingkat loyalitas rendah. Dengan strategi yang dilakukan, diharapkan ekuitas merek dan posisi sabun LUX semakin meningkat, sehingga keuntungan perusahaan meningkat juga.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: CINDY FORENIA SISKANI READY BUNDIANTO
Date Deposited: 23 Jul 2014 03:03
Last Modified: 23 Jul 2014 03:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item