Pemeriksaan operasional dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada aktivitas penjualan PT X di Semarang

., Yuliati (2003) Pemeriksaan operasional dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada aktivitas penjualan PT X di Semarang. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1666_Abstrak.pdf

Download (57Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153213

Abstract

Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini, tuntutan akan informasi semakin meningkat. Seorang akuntan harus dapat menyediakan informasi-informasi yang akurat, dapat dipercaya dan tepat waktu agar dapat mendukung pengambilan keputusan yang optimal bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Akan tetapi akhir-akhir ini situasi menjadi berubah, dimana laporan keuangan yang ada sekarang ini dinilai kurang transparan. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu audit yang mana tujuannya untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada dalam badan usaha tersebut, termasuk didalamnya penyimpangan terhadap laporan keuangan yang dibuat Dari hasil pemeriksaan yang telah penulis lakukan terhadap aktivitas penjualan PT "'X", dapat diambil kesimpulan bahwa pada badan usaha ini masih terdapat beberapa penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas penjualan tersebut. Masalah tersebut bisa saja terjadi karena prosedur penjualan yang ada dalam badan usaha belum memadai. Oleh karena itu untuk mengantisipasi penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi, pelaksanaan audit operasional sangat dibutuhkan. Berdasarkan hasil pemeriksaan operasional ditemukan kelemahan-kelemahan dalam aktivitas penjualan dimana badan usaha ini belum memiliki kebijakan dan prosedur mengenai aktivitas penjualan secara tertulis, belum adanya kebijakan batasan kredit, dalam melakukan pemeriksaan terhadap laporan penjualan lebih diprioritaskan untuk penjualan yang bemilai besar saja, salesman dapat mengambil voucher diskon yang sebenarnya untuk pelanggan, salesman terkesan asal dalam memberikan voucher diskon untuk pelanggan dan satpam yang tidak melakukan pemeriksaan ulang saat barang keluar dari pabrik. Namun sebaiknya perusahaan membuat suatu prosedur secara tertulis mengenai penjualan, menetapkan kebijakan credit limit, dalam memeriksa laporan penjualan dilakukan dengan cara sampling, melakukan konfirmasi ke pelanggan agar memperkecil kesempatan salesman untuk berbuat curang serta melakukan rolling terhadap para pegawai khususnya satpam.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 19 May 2014 04:06
Last Modified: 19 May 2014 04:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item View Item