Studi Pengaruh Earnings Terhadap Harga Pasar Saham Pada Badan Usaha Makana Dan Minuman Yang Go Public Di PT. Bursa Efek Surabaya

Susanti, Ong Fanny (1999) Studi Pengaruh Earnings Terhadap Harga Pasar Saham Pada Badan Usaha Makana Dan Minuman Yang Go Public Di PT. Bursa Efek Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1275_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1275_Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153542

Abstract

Tingkat konsumsi masyarakat terns meningkat dan untuk mengantisipasi peningkatan tersebut maka badan usaha melakukan ekspansi yang membutuhkan dana. Badan usaha mencari, memilih dan melaksanakan alternatif yang ada untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya. Pasar modal merupakan salah satu tempat bagi badan usaha untuk memperoleh pembiayaan dengan cara penjualan saham. Pasar modal di Indonesia mulai aktif kembali sejak tahun 1977 ditandai dengan munculnya berbagai paket kebijaksanaan yang diberikan oleh pemerintah yang bertujuan untuk memberi keleluasaan kepada peranan pasar modal sehingga pasar modal dapat berkembang dengan pesat. Indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan pasar modal yaitu melihat bertambahnya badan usaha yang go public dari 139 di tahun 1991 menjadi 248 di tahun 1996. Para investor sebagai pelaku pasar mengharapkan tingkat pengembalian yang besar yang biasanya berupa dividen dan capital gains. Akibatnya untuk mengambil keputusan investasi para investor membutuhkan informasi-informasi yang mendukung untuk memilih investasi yang menguntungkan. Salah satu informasi yang diperlukan yaitu informasi earnings yang dapat dilihat dari laporan laba rugi yang berupa earnings yang berasal dari net income yang dianggap tidak relevan untuk mengambil keputusan. Earnings yang dianggap relevan yaitu yang berasal dari aktivitas operasi badan usaha karena dianggap lebih stabil dan dapat digunakan untuk memprediksi besarnya earnings tahun berikutnya. Earnings yang berasal dari transaksi investasi dan pembiayaan dikeluarkan dari laporan arus kas karena tidak menggunakan kas dan setara kas. informasi earnings dapat membantu investor untuk memprediksi harga pasar saham yang diperdagangkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa earnings akan mempengaruhi nilai kapitalisasi pasar. Kualitas earnings ditentukan oleh pilihan dan pertimbangan pihak manajemen untuk menentukan prinsip dan metode akuntansi yang digunakan. Earnings yang baik berasal dari laporan arus kas yang terns menerus menghasilkan arus kas masuk. Disamping itu kualitas earnings diukur dengan kualitas auditor untuk membedakan earnings yang berpresisi rendah dengan yang berpresisi tinggi. Jika earnings memiliki presisi yang tinggi terhadap informasi lainnya maka keputusan investasi akan berdasarkan informasi earnings. Penelitian di pasar modal yang dilakukan berdasarkan hipotesis efisien pasar menyatakan bahwa harga saham secara unbiased mencerminkan semua informasi publik yang relevan dan tersedia dipasar. Implikasi dari hipotesis ini adalah harga saham akan bereaksi terhadap pengumuman eamings. Karena harga pasar saham mencerminkan nilai kapitalisasi pasar sahem, maka jika perubahan earnings mempunyai hubungan positif dengan perubahan harga saham dapat disimpulkan bahwa earnings merefleksikan perubahan nilai kapitalisasi pasar saham. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa earnings mempengaruhi harga pasar saham.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 20 May 2014 03:19
Last Modified: 26 May 2014 08:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14615

Actions (login required)

View Item View Item