Studi Literatur Tentang Direct 3D Untuk Pemrograman Grafik Tiga Dimensi Dengan Aplikasi Permainan Maze

Sutjipto, Trisno (1999) Studi Literatur Tentang Direct 3D Untuk Pemrograman Grafik Tiga Dimensi Dengan Aplikasi Permainan Maze. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_214_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_214_Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137686

Abstract

Dalam perkembangan dunia teknologi perangkat lunak maupun perangkat keras, pada tahun 1995 telah dibuat suatu API yang disebut Direct3D API. Dengan Direct3D API maka dapat dihasilkan suatu program aplikasi berbasiskan tiga dimensi yang mampu rendering realtime. Selain hal tersebut memprogram dengan Direct3D APl memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan memprogram tanpa Direct3D API Keunggulan tersebut disebabkan karena Direct3D mampu mengakses video hardware. Tujuan dari dibuatnya Tugas Akhir ini yaitu untuk menunjukan keunggulan-keunggulan dari Direct3D API sebagai pendukung pemrograman grafik tiga dimensi. Beberapa keunggulan yang akan diterapkan pada Tugas Akhir ini adalah mengenai kamera, bayangan, tekstur dan transformasi. Pada Tugas Akhir ini akan dibahas tentang pemrograman dengan menggunakan Direct3D API secan singkat, jelas dan padat. Pembahasan tersebut meliputi pengenalan dan implementasinya. Pada pembahasan Tugas Akhir ini juga akan disertai dengan penjelasan fungsi-fungsi Direct3D API, contah sintaks dan beragam grafik sebagai pendukung penjelasan. Pembahasan dimulai dari pengenalan grafik tiga dimensi untuk pemrograman komputer, beralih ke pengenalan Direct3D, kemudian pada pemrograman menggunakan Direct3D dan kemudian desain program, implementasi, evaluasi dan langkah terakhir adalah kesimpulan. Adapun batasan masalah dari Tugas Akhir ini adalah pada pengenalan Direct3D API dan implementasi sederhana yaitu permainan Maze. Tugas Akhir ini tidak membandingkan Direct3D API dengan API lainnya Melalui uraian dan penjelasan pada Tugas Akhir ini, maka diharapkan dapat membantu mempermudah dalam mempelajari Direct3D sehingga dapat dilakukan beragam pengembangan implementasi pemrograman. Sebagai kesimpulan dalam 'Tugas Akhir ini yaitu bahwa Direct3D dapat mendukung pemrograman grafik tiga dimensi untuk rendering realtime. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil program aplikasi yang telah dihasilkan

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 20 May 2014 06:00
Last Modified: 20 May 2014 06:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item