Lemena, Ita (1999) Studi pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Nonfinancial Performance Pada Penyedia Jasa Internet Radnet, Indointernet Dan Mitranet Di Surabaya Ditinjau Dari Customer Persepctive. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1291_Abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Di tengah krisis ekonomi dewasa ini, setiap badan usaha dan masyarakat perorangan dipaksa untuk berhemat dalam segala kegiatan. Namun, salah satu kegiatan yang tidak mungkin ditinggalkan adalah berkomunikasi untuk memperoleh informasi. Komunikasi baik dalam badan usaha maupun masyarakat perorangan, sudah seperti darah dalam tubuh. Kalau darah dalam tubuh tidak mengalir lancar, tubuhpun tidak akan dapat bertahan. Yang menjadi persoalannya saat ini adalah bagaimana dapat menghemat biaya komunikasi itu di tengah naiknya harga pulsa telepon. Ternyata, Internet merupakan alternatif yang baik untuk mengatasi borosnya biaya komunikasi. Internet, bila dilihat dari kemampuan dan segi fungsinya yang serbaguna, memang sangat menakjubkan. Mulai dari sebagai jalan raya informasi, tempat ngobrol dengan fasilitas E-mail, forum diskusi, jendela informasi, sarana bisnis dan sebagainya. Pendek kata, semua ada dan semua bisa. Keajaiban inilah yang membuat Internet sebagai terobosan sistem komunikasi diminati banyak kalangan masyarakat di dunia dan membuat jaringan Internet tumbuh dengan pesat. Demam Internet yang melanda Indonesia ini telah mendorong sejumlah pengusaha Indonesia menjadi Penyedia Jasa Internet (Internet Service Provider). Pertumbuhan Penyedia Jasa Internet ini dimulai sejak tahun 1994 dengan munculnya IndoInternet sebagai Penyedia Jasa Internet yang pertama. Munculnya, Penyedia Jasa Internet pertama ini diikuti oleh sekitar 10 Penyedia Jasa Internet lain yang muncul pada tahun 1995. Perkembangan PJI yang paling pesat teljadi pada tahun 1996, dan hingga 16 januari 1998 terdaftar 132 Penyedia Jasa Internet dalam Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (PJII). Penyedia Jasa Internet banyak bermunculan pada pasar yang sama di Indonesia, sehingga tercipta iklim persaingan antar Penyedia Jasa Internet. Bagaikan menjual produk konsumsi, jasa sambungan ke internet dipasarkan oleh para Penyedia Jasa Internet. Dalam memilih Penyedia Jasa Internet, faktor-faktor penting yang diperhatikan oleh konsumen atau pemakai jasa Penyedia Jasa Internet antara lain, lokasi geografis Penyedia Jasa Internet, lebar bandwidth, kapasitas line, kecepatan modem, reputasi, pelayanan, dukungan teknis, dan biaya. Dapat dilihat bahwa sebagian besar perhatian pengguna jasa Penyedia Jasa Internet tersebut berkaitan dengan kualitas teknologi internet yang disediakan oleh Penyedia Jasa Internet. Oleh karena itu, seberapa jauh Penyedia Jasa Internet dapat memenuhi permintaan-permintaan konsumen tersebut, tergantung dari teknologi yang digunakan oleh Penyedia Jasa Internet tersebut. Karena itu, berlomba memperbaiki spesifikasi teknis dengan penerapan teknologi mutahirlah yang kini menjadi "kiat" utama para Penyedia Jasa lntemet untuk menambah dan mempertahankan pelanggannya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 20 May 2014 06:07 |
Last Modified: | 28 May 2014 03:41 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14676 |
Actions (login required)
View Item |