Evaluasi Penerapan Non Financial Performance Measurement Guna Mendorong Peningkatkan Kinerja Bagian Penjualan PT 'X' di Surabaya

PURWOHADI, FANY (2011) Evaluasi Penerapan Non Financial Performance Measurement Guna Mendorong Peningkatkan Kinerja Bagian Penjualan PT 'X' di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2893_Abstrak.pdf

Download (60Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224051

Abstract

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri keramik di Indonesia, maka semakin besar pula tingkat persaingan yang harus dihadapi oleh badan usaha. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur berdasar pada harga yang terjangkau namun juga bergantung pada kualitas barang dan kemampuan perusahaan memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer. Faktor-faktor diatas yang mengharuskan perusahaan untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki kinerja perusahaan agar dapat memaksimalkan kinerjanya. Oleh karena itu diperlukan suatu alat pengukuran kinerja yang dapat mengukur kinerja yang telah dicapai perusahaan. Pengukuran kinerja ada 2 macam yaitu secara financial dan non financial. Selama ini keberhasilan suatu badan usaha cenderung mengandalkan pengukuran secara financial seperti tingkat penjualan, tingkat pencapaian laba dan sebagainya. Informasi financial ada kalanya menimbulkan kegiatan operasional sehingga dibutuhkan pengukuran yang lain agar tercapai suatu pengukuran yang lebih baik. Pengukuran kinerja non financial merupakan pengukuran yang lebih mengarah pada kegiatan operasional perusahaan sehingga mampu memberikan informasi yang bersifat operasional dan lebih terperinci atas proses yang berlangsung. Disamping itu, pengukuran kinerja secara non financial dapat menjelaskan kelemahan atau kekurangan yang terjadi pada perusahaan. Diharapkan dapat memberikan umpan balik bagi pihak manajemen untuk melakukan perbaikan-perbaikan sehingga aktivitas badan usaha dapat berjalan dengan efektif dan efisien. PT X merupakan badan usaha yang bergerak dalam industri pembuatan keramik dan sanitair yang berlokasi di Surabaya. Pengukuran non financial telah diterapkan pada perusahaan ini namun masih ditemukan beberapa kelemahan dan masih harus mendapat perbaikan dan penambahan alat ukur lainnya yang dapat menunjang perbaikan kinerja secara non financial. Non financial performance measure dan financial performance saling mendukung satu dengan yang lainnya. Keseimbangan pemanfaatan antara dua alat pengukuran kinerja tersebut akan memberikan pandangan yang seimbang dari sudut pandang eksternal yang diwakili dengan financial performance dan dari sudut pandang internal badan usaha melalui non financial performance measrues.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Customer, Financial, Non Financial Performence Measure
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 20 May 2014 06:21
Last Modified: 20 May 2014 06:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item View Item