Analisis Pengendalian Kualitas Terhadap Laba Yang Dicapai PT. X Di Surabaya

Tjandrawati, Vivie Joeni (1999) Analisis Pengendalian Kualitas Terhadap Laba Yang Dicapai PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1292_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1292_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153531

Abstract

Krisis moneter yang melanda negara-ncgara di Asia, termasuk di Indonesia, mengakibatkan terpuruknya nilai rupiah terhadap dolar. Hal ini tentu saja mempengaruhi badan usaha-badan usaha di Indonesia, tak terkecuali badan usaha yang bergerak di biro pcrjalanan umum, yang menyebabkan harga tiket baik perjalanan ke luar negeri maupun perjalanan domestik menjadi naik. Untuk itu badan usaha harus mengantisipasi agar penjualan tidak terlalu menurun, yang salah satunya dengan melakukan peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan. Dalam membeli suatu barang, kualitas selalu menjadi bahan pertimbangan bagi para konsumcn. Konsumcn tidak hanya tcrpancang pada harga dalam memutuskan suatu pembelian, tetapi kualitaslah yang lcbih menentukan. Oleh karena itu, setiap badan usaha harus bcnar-benar memperhatikan kualitas dari barang yang dihasilkannya, tidak terkccuali d9ngan badan usaha jasa, karena kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pennintaan konsumcn. Apabila kualitas pelayanan yang diberikan menurun, maka konsumcn akan ccndcrung pindah ke biro perjalanan lain, schingga pcrmintaan pelayanan jasa pada badan usaha tersebut akan menurun dan badan usaha akan mcngalami kerugian. Untuk itu badan usaha dituntut untuk mcnghasilkan jasa yang bcrkualitas pada tingkat harga yang kompctitif Badan usaha dituntut menghasilkan jasa pelayanan pada tingkat biaya yang optimum sehingga pada tingkat harga yang kompetitif tcrsebut, badan usaha masih mendapatkan tingkat laba yang tinggi. Pada saat akan mengadakan perjalanan, scringkali konsumcn mengalami kesulitan pada saat check-in di bandara maupun di countercounter pcnerbangan yang ada, karcna adanya kesalahan dari karyawan biro perjalanan wisata yang mcngeluarkan tikct tcrsebut. Kcsalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan dalam penulisan nama penumpang, penulisan rute perjalanan, dan penulisan harga fair. Kcsalahan ini dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi badan usaha, karcna untuk setiap satu tiket yang salah akan dikenakan biaya sangsi administrasi olch penerbangan yang bcrsangkutan. Selain itu, konsumcn juga akan mcrasa tidak puas karena menganggap kualitas pelayanan yang diberikan tidak memuaskan dan juga akibat dari kesalahan ini, seringkali konsumen harus membeli tiket yang baru. Hal ini tentu akan menghambat pcncapaian tujuan badan usaha secara maksimal yaitu laba.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 20 May 2014 07:13
Last Modified: 02 Jun 2014 10:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item