Aplikasi Customer Profitability Analysisi Sebagai Alat Bantu Untuk Menyusun Strategi Penjualan CV. X Di Surabaya

Veronica, Lisa (1999) Aplikasi Customer Profitability Analysisi Sebagai Alat Bantu Untuk Menyusun Strategi Penjualan CV. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1296_Abstrak.pdf

Download (72Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153534

Abstract

Menjelang abad 21 yang semakin dekat, di mana akan teJjadi globalisasi dalam segala bidang dan teJjadi perdagangan bebas yang mana dunia perdagangan akan mengabaikan batas antar negara. Sehingga, dengan perdagangan bebas akan mengakibatkan persaingan semakin ketat di antara badan usaha yang sejenis. Oleh karena itu, setiap badan usaha dituntut untuk mengelola usahanya secara efektif dan efisien, serta hams selalu mengikuti perubahan yang teJjadi dan berusaha untuk selalu mengevaluasi kinetja yang telah dicapai. Adanya persaingan yang semakin ketat menyebabkan setiap badan usaha berusaha melayani setiap pelanggannya dengan sebaik-baiknya, dengan harapan para pelanggan dapat menjadi loyal kepada badan usaha tersebut. Tetapi, sering badan usaha tidak menyadari bahwa pelayanan yang sebaik mungkin, dapat menciptakan tambahan aktivitas dan biaya, yang sebenarnya tidak diperlukan. Pelanggan dengan jumlah pesanan yang besar belum tentu pelanggan yang menguntungkan, karena biaya untuk melayani pelanggan yang satu berbeda dengan pelanggan lainnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu informasi yang akurat tentang berapa besar kontribusi laba yang diberikan oleh masing-masing pelanggan, yang kemudian akan ditindak lanjuti dengan penyusunan strategi penjualan yang berperan penting untuk mencapai tujuan badan usaha, yaitu mencapai keuntungan semaximal mungkin. Customer Profitability Analysis dapat membantu setiap badan usaha untuk mengetahui pelanggan mana yang menguntungkan dan pelanggan yang kurang menguntungkan. Semua biaya yang hams dikeluarkan badan usaha untuk melayani pelanggan, harus dikurangkan dari pendapatan yang dihasilkan pelanggan tersebut. Untuk dapat membebankan biaya ke pelanggan dengan lebih akurat, digunakan metode Activity based costing, yang membantu untuk membebankan biaya ke pelanggan atas dasar sumber daya yang dikonsumsi oleh masing-masing pelanggan. Pert;una-tama yang harus diketahui apa saja yang menjadi aktivitas badan usaha tersebut, kemudian dilakukan pengelompokan aktivitas tersebut. Setelah itu, tiap aktivitas dicari cost drivernya. Setelah itu, akan dicari pool ratenya dengan cara membagi total biaya dengan jumlah pemakaian cost drivernya tersebut. Kemudian akan diJakukan pembebanan ke masingmasing pelanggan dengan mengalikan pool rate dengan apa yang telah dikonsumsi pelanggan tersebut....

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 20 May 2014 07:27
Last Modified: 02 Jun 2014 10:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item