Evaluasi Electronic Data Processing (EDP) Dari Batch Processing Menjadi On Line Processing Sebagai Upaya Pengendalian Internal Sediaan Pada PT X Di Sidoarjo.

Afandi, Efven (2000) Evaluasi Electronic Data Processing (EDP) Dari Batch Processing Menjadi On Line Processing Sebagai Upaya Pengendalian Internal Sediaan Pada PT X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_1495_Abstrak.pdf

Download (84Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153361

Abstract

Badan usaha yang berskala besar maupun kecil pasti membutuhkan informasi, baik itu informasi mengenai kinerja badan usaha maupun informasi sebagai upaya pengendalian internal dalam rangka melindungi keamanan harta milik badan usaha. Semakin besar suatu badan usaha, maka akan semakin kompleks masalah yang dihadapi, baik masalah yang bersifat internal maupun eksternal yang nantinya akan mempengaruhi kondisi dari badan usaha yang bersangkutan. Dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, mendorong setiap badan usaha untuk senantiasa berusaha meningkatkan peranan sistem informasi untuk keakuratan dan keandalan informasinya, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif dalam rangka untuk pengambilan keputusan. Salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi tersebut, yaitu dengan adanya sistem sediaan dengan menggunakan peralatan elektronik, yaitu komputer, di mana dalam pengoperasiannya sistem ini menggunakan perangkat komputer beserta program-program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan informasi yang berbeda-beda untuk setiap badan usaha. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengaplikasikan sistem informasi yang relevan untuk fungsi-fungsi dan aktivitas-aktivitas badan usaha, khususnya yang berkaitan dengan pengendalian internal sediaan melalui pemrosesan data elektronik sehingga dapat menyajikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Proses pengendalian sediaan dalam PT "X" masih kurang terintegrasi dan kurang terdapat komunikasi antar bagian yang ada sehingga kurang mendukung pengendalian internal. Dari penelitian yang dilakukan diketahui adanya perangkapan fungsi secara vertikal dan komputer yang dipunyai oleh setiap bagian masih belum terhubung satu sama lain karena masih menggunakan batch processing sehingga kurang adanya cross check antar bagian yang diperlukan untuk mempersempit ruang melakukan kecurangan atau kesalahan yang tidak diinginkan dalam rangka melindungi keamanan harta milik badan usaha. Menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sistem informasi yang terintegrasi dan terkomputerisasi secara on line, dimana bagian yang satu dengan yang lainnya terhubung satu sama lain sangat diperlukan agar dihasilkan informasi yang tepat dan relevan dengan memenuhi segala kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan reliable yang sangat diperlukan dalam pengambilan putusan, khususnya yang berkaitan dengan pengendalian internal sediaan badan usaha dan juga telah dicoba untuk membuat program yang dapat digunakan oleh PT "X".

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 20 May 2014 07:44
Last Modified: 20 May 2014 07:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14717

Actions (login required)

View Item View Item