Frandayani, Lulu (1999) Analisis Key Success Factor Untuk Mendukung Strategi Bersaing Guna Meningkatkan Profitabilitas Pada PT. X Di Gresik. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1301_Abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Di era persaingan global ini, persaingan yang timbul semakin ketat sehingga perusahaan dalam negeri tidak. hanya menghadapi persaingan dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Dengan adanya persaingan ini maka badan usaha didorong untuk dapat terus melakukan improvisasi dan penetapan strategi yang tepat agar badan usaha tersebut dapat bertahan dalam era persaingan yang tajam. Pennasalahan ini juga dihadapi oleh industri karet di Indonesia karena adanya dampak krisis moneter yang turut menaikkan harga jual karet mengingat bahwa pemasokkan bahan baku karet untuk industri karet di Indonesia 70% diperoleh dari dalam negeri sedangkan 30% diimpor dari luar negeri. Akibatnya hal ini akan mempengaruhi biaya produksi perusahaan. maka untuk dapat mempertahank.an keberadaan adanya perusahaan dapat dilaksanakan dengan melakukan eftsiensi operasional di segala bidang guna dapat menciptakan harga bersaing di pasaran yang kompetitif. Dengan banyaknya pesaing yang ada dalam industri ini, maka dituntut badan usaha yang mempunyai eksistensi tinggi dalam kelangsungan bisnisnya. Untuk itu badan usaha memerlukan adanya suatu faktor kunci yang bisa disebut sebagai Key Success Factor yang memegang peranan penting baik secara internal maupun secara eksternal dalam menunjang kesuksesan badan usaha dalam meningkatkan profitabilitas dalam jangka panjang. Badan usaha harus berhati-hati dalam menetapkan Key Success Factor agar tidak. salah dalam memilih faktor-faktor mana yang menjadi ujung tombak suksesnya badan usaha. Karena itu sebelum menetapkan faktor-faktor yang menjadi Key Success Factor harus diketahui, dipelajari, dievaluasi dan dianalisis semua kenyataan yang ada pada badan usaha. Apabila Key Success Factor telah ditetapkan, maka perlu diadakan pengawasan, penelitian, dan pengendalian secara berkala atas faktor-faktor yang mempengaruhi berhasilnya badan usaha, karena faktor-faktor tersebut dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, baik itu secara internal maupun eksternal. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik suatu simpulan bahwa Key Success Factor yang dimiliki oleh PT "X'' adalah harga produk yang relatif murah dan pelayanan terhadap konsumen yang cukup memuaskan (seperti kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman produk ke konsumen dan penjagaan kualitas dari produk itu sendiri). secara garis besar, faktor kunci sukses tersebut jika dianalisis lebih lanjut dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu untuk mempertahankan dan memperoleh konsumen dan unggul dalam persaingan yang ada.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 20 May 2014 08:16 |
Last Modified: | 02 Jun 2014 11:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14732 |
Actions (login required)
View Item |