Penerapan Target Costing Melalui Value Engineering Untuk Melakukan Cost Reduction Dalam Rangka Mendukung Strategi Konfrontasi Pada CV. X Di Pasuruan

S., Maya Sisilia Cendrawati (1999) Penerapan Target Costing Melalui Value Engineering Untuk Melakukan Cost Reduction Dalam Rangka Mendukung Strategi Konfrontasi Pada CV. X Di Pasuruan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1309_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1309_Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153513

Abstract

Kondisi perekonomian yang menurun semakin memperketat persaingan yang terjadi saat ini. Setiap badan usaha berlomba untuk memenangkan persaingan dengan berbagai macam strategi. Saat ini persaingan tidak dapat dihadapi hanya dengan mengandalkan satu macam keunggulan bersaing karena para pesaing akan melakukan hal yang sama. Strategi konfrontasi merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh badan usaha. Ada dua faktor yang menjadi alasan dalam menerapkan strategi konfrontasi, yaitu: Munculnya badan-usaha yang ramping ( lean enterprises ), dengan persaingan yang lebih ketat dibandingkan dengan antar produsen masal ( mass producer ); Adanya mekanisme penyebaran teknologi yang cepat ( rapid technology difussion ) sehingga tidak memungkinkan bagi badan usaha untuk mengembangkan keunggulan teknologi di antara para pesaingnya. Strategi konfrontasi biasanya tidak mengijinkan badan usaha yang memproduksi barang untuk segmen pasar khusus ( niche firms ) hidup dalam ukuran yang cukup besar karena hal ini akan menarik perhatian confrontation firms untuk memperkenalkan produk saingan. Badan usaha yang menerapkan strategi konfrontasi harus berhadapan secara langsung dengan para pesaing dengan cara menciptakan keunggulan sementara ( temporary advantage ). Keunggulan sementara ini harus memperhatikan tiga karakteristik produk, yaitu: Cost/Price, Functionality, dan Quality atau yang dikenal dengan survival triplet. Dalam survival triplet dikenal adanya survival zone yang diidentifikasikan dengan menetukan survival range untuk masing-masing karakteristik dari survival triplet, sedangkan survival range diidentifikasikan dengan menentukan nilai maksimum dan minimum dari masing-masing karakteristik yang dimiliki oleh produk agar dapat berhasil. Analisis target costing dan value engineering merupakan salah satu cara yang dapat membantu badan usaha untuk menerapkan strategi konfrontasi dengan mengelola survival triplet. Target costing dan value engineering yang menekankan pada perancangan biaya produk sejak tahap desain mampu memanage biaya sehingga biaya yang timbul sesuai dengan target cost dengan tanpa mengabaikan kualitas dan functionality yang diharapkan oleh konsumen sehingga produk mampu bersaing di pasar. Target cost yang mampu dicapai suatu produk akan mendapatkan kepuasan konsumen baik dari segi harga, kualitas, maupun functionality, sedangkan badan usaha sendiri akan tetap mendapatkan keuntungan sebesar yang diinginkannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 21 May 2014 02:48
Last Modified: 03 Jun 2014 03:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14773

Actions (login required)

View Item View Item