Tanojo, Jolanne (1999) Pendekatan Decision Grid Analysis Dalam Penilaian Profitabilitas Pelanggan Pada CV. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1316_Abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia usaha yang dinamis ini, badan usaha dituntut untuk dapat mengelola usahanya secara efektif dan efisien. Hal ini mendorong badan usaha untuk dapat meningkatkan penjualan dalam lingkungan yang semakin ketat ini. Tingkat pelayanan kepada pelanggan menjadi suatu unsur penting. Badan usaha berusaha untuk meningkatkan pelayanan dalam memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Peningkatan pelayanan ini juga harus memperhitungkan biaya-biaya yang dikeluarkan atau ditanggung oleh badan usaha. Perhitungan biaya ini dibuat untuk mengetahui segmen pelanggan yang menguntungkan badan usaha. Seringkali biaya untuk melayani pelanggan yang satu jauh lebih besar dibandingkan dengan pelanggan yang lain, sehingga dengan volume penjualan yang sama margin laba yang diperoleh akan berbeda antara pelanggan yang satu dengan pelanggan yang lain. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis semua biaya dan pendapatan yang dihasilkan oleh masing-masing segmen pelanggan guna memperoleh informasi mengenai kontribusi laba yang diberikan tiap-tiap segmen pelanggan tersebut kepada badan usaha sehingga dapat diketahui segmen pelanggan mana yang paling menguntungkan. Informasi yang diperoleh diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak manajemen dalam mengambil keputusan manajerial. Dalam skripsi ini alat bantu yang akan digunakan adalah customer profitability analysis sedangkan data yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini adalah data internal badan usaha pada tahun 1996. Customer Profitability Analysis adalah salah satu laporan akuntansi yang dapat memberikan informasi mengenai kontribusi laba dari masing-masing segmen pelanggan. Customer Profitability Analysis dilakukan dengan mengurangkan pendapatan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk tiap-tiap segmen pelanggan, sehingga dapat diketahui segmen pelanggan mana yang paling menguntungkan. Biaya-biaya yang dibebankan pada masingmasing segmen pelanggan dapat dialokasikan secara tepat dengan menggunakan metode Activity Based Costing yaitu dengan membebankan berdasarkan aktivitas yang dikonsumsi oleh tiap-tiap segmen pelanggan sehingga menghasilkan alokasi yang akurat. Dengan teknik Decision Grid Analysis dalam menganalisa profitabilitas pelanggan maka segmen pelanggan dapat digolongkan ke dalam empat kategori berdasarkan dua faktor yaitu margin laba dan volume penjualan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 21 May 2014 03:52 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 03:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14789 |
Actions (login required)
View Item |