Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Strategic Management System Dalam Rangka Keseimbangan Pengukuran Kinerja Pada PT. X Di Sidoarjo

Shiavary, Yuliana (1999) Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Strategic Management System Dalam Rangka Keseimbangan Pengukuran Kinerja Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1322_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1322_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153488

Abstract

Maraknya industri garmen di Indonesia saat ini yang juga diikuti oleh banyaknya badan usaha yang gulung tikar karena kondisi perekonomian yang tidak stabil, menyebabkan PT "X" harus mempunyai strategi bersaing dalam persaingan global berdasarkan kompetensi inti yang dimilikinya. Derivasi strategi harus terukur, if you can't measure it, you can't manage it. Setiap alur strategi perlu pengukuran agar dapat ditentukan tingkat kesuksesannya melalui pemberian informasi yang akurat dan tepat waktu. Balanced Scorecard merupakan strategic management system yang memungkinkan para manajer menilai apa yang telah mereka bina dalam intangible assets seperti merek dan loyalitas pelanggan. Sifat Balanced Scorecard yang transparan, mampu melihat ke dalam strategi unit bisnis dari pengukuran yang ada demi perbaikan kinerja di masa depan, yang dimulai dari perencanaan, implementasi sampai dengan evaluasi strategi jangka panjangnya. Kondisi PT "X" yang seringkali mengalami dysfunctional dalam proses produksinya, perbedaan-perbedaan tujuan dan sasaran masing-masing unit bisnis dan tidak terdapatnya sistem penilaian kinerja yang obyektif dan terukur baik, dapat mengadopsi konsep Balanced Scorecard untuk mengkomunikasikan visi dan strateginya ke dalam tujuan dan pengukuran yang balanced dan tangible dalam empat aspek yaitu customer, internal-business-process, learning and growth dan financial. Aplikasi Balanced Scorecard dimulai dari akarnya yaitu learning and growth yang memberikan kontribusi pada internal-business-process sehingga pelanggan menjadi puas dan pada akhimya badan usaha akan mendapatkan keuntungan yang tercermin dalam performasi keuangan. Untuk itu perlu dibangun suatu kompetensi inti yang mendasari strategi badan usaha untuk menciptakan daya saing badan usaha dalam jangka panjang.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 21 May 2014 04:44
Last Modified: 03 Jun 2014 03:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item View Item