Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak untuk Visualisasi Pertandingan Bridge Beregu

Winata, Claudia (2000) Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak untuk Visualisasi Pertandingan Bridge Beregu. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_242_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_242_Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137526

Abstract

Pada suatu pertandingan Bridge beregu yang resmi, pada umumnya pertandingan diselenggarakan di suatu ruang yang luas dengan sejumlah besar meja di mana berlangsung beberapa pertandingan dalam waktu yang bersamaan. lika para penonton diperbolehkan untuk menyaksikan jalannya pertandingan secara langsung dengan berada di sekitar meja pertandingan, ada kemungkinan suasana akan menjadi ramai sehingga mengganggu konsentrasi para pernain- Untuk itu maka para penonton ditempatkan pada suatu ruangan tersendiri dengan seperangkat komputer yang digunakan sebagai penghubung dengan ruang pertandingan. Operator menginputkan jalannva pertandingan langkah demi langkah pada komputer di ruang pertandinqan, yang hasilnya akan dimuncullan pada komputer di ruang penonton. hasil tersebut diproyeksikan ke suatu layar sehingga dapat dilihat oleh semua penonton. Agar dapat melakukan input dan menghasilkan output sesuai keinginan nraka untuk itu perlu disediakan suatu perangkat lunak. Pada tugas akhir ini dirancang dan diimplementasikan suatu perangkat lunak untuk memvisualisasikan jalannya pertandingan Bridge beregu agar dapat disaksikan oleh para penonton yang berada di ruangan terpisah. Perangkat lunak tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas perhitungan nilai secara otomatis, fasilitas untuk melihat jalannva pertandingan yang telah lalu direply serta fasilitas untuk menampilkan berbagai informasi tambahan seperti: catatan mengenai para pemain dan prestasinya, hasil pertandingan Yang telah lalu, dan sebagainya. Yang perlu diingat, perangkat lunak yang dibuat bukan merupakan suatu game komputer yang dapat digunakan untuk bermain Bridge, melainkon hanya :sebagai alat visualisasi jalannya suatu pertandingan

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 21 May 2014 05:57
Last Modified: 21 May 2014 05:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item View Item