Hubungan Konformitas Remaja dan Identitas Sosial dengan Brand Loyalty pada Merek Starbucjs Coffee Surabaya

MAUKAR, DEISY CHRISTIANI (2013) Hubungan Konformitas Remaja dan Identitas Sosial dengan Brand Loyalty pada Merek Starbucjs Coffee Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_1025_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_1025_Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233029

Abstract

Budaya minum kopi sudah merupakan suatu hal yang biasa. Budaya yang berasal dari negara barat ini pun sekarang mulai meluas dan menjadi salah satu gaya hidup di banyak kalangan. Saat ini tidak hanya kalangan dewasa saja namun banyak dari kalangan remaja juga. Tidak heran jika banyak coffee shop yang muncul di Indonesia dengan ber macam-macam brand yang dimiliki. Salah satu brand yang cukup dikenal di banyak kalangan usia dari usia dewasa hingga usia remaja yaitu brand Starbucks. Saat ini meskipun brand tersebut selain dikenal dengan ketenaran brand nya sendiri dan kualitas kopi yang dimiliki namun brand ini juga dikenal memiliki harga yang tergolong mahal. Meskipun begitu tetap saja tidak menghalangi remaja untuk kembali lagi membeli produk di Starbucks. Berdasarkan fenomena di atas, peneliti bermaksud untuk meneliti variabel variabel yang melatar belakangi perilaku brand loyalty pada kalangan remaja tersebut. Tujuanya, peneliti ingin menguji apakah ada hubungan antara konformitas dan identitas sosial baik secara bersama-sama maupun parsial, dengan brand loyalty merek Starbucks coffee pada remaja di Surabaya. Subjek penelitian ini adalah remaja yang berusia 12-18 tahun dan harus pernah mengunjungi Starbucks coffee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis minor. Pada uji hipotesis menior ditemukan hasil (a). terdapat hubungan yang signifikan antara identitas sosial dengan brand loyalty r = 0.234 dengan p = 0.019). (b). Terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas dengan brand loyalty (r = 0,207 dengan p = 0.039). Namun pada penelitian ini identitas sosial memiliki pengaruh lebih dominan pada brand loyalty dengan sumbangan efektif 10,9%.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: brand loyalty, konformitas, identitas sosial, remaja, Surabaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 21 May 2014 05:52
Last Modified: 21 May 2014 05:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14835

Actions (login required)

View Item View Item