., Wisontjia (1993) Studi Perbandingan struktur Beban Langsung Departemen Kamar Pada Hotel - Hotel Bintang Tiga Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_219_Abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Dengan adanya pertwnbuhan hotel berbintang yang pesat di Surabaya mengakibatkan persaingan dalam usaha perhotelan semakin meningkat. Dimana hotel-hotel bintang tiga mempunyai populasi yang cukup besar di antara hotel berbintang di Surabaya, dan sebagai hotel bintang tiga tentunya diharuskan untuk memenuhi standar pelayanan dan fasilitas tertentu. Karena departemen kamar sebagai salah satu sumber penghasilan utama dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan sebuah hotel perlu mendapat perhatian khusus dari pihak manajemen dalam melaksanakan fungsi manajerialnya. Untuk meningkatkan pendapatan departemen kamar dari sebuah hotel di samping dengan upaya meningkatkan penjualan dapat juga diupayakan dengan menekan biaya yang dapat dicapai dengan penerapan cost management yang baik. Salah satu informasi akuntansi yang dapat membantu pihak manajemen dalam melaksanakan cost management adalah cost content analysis. Dalam kaitannya dengan standar pelayanan dan fasilitas tertentu yang harus dipenuhi untuk hotel bintang tiga maka timbul pertanyaan apakah struktur beban langsung yang terdapat pada departemen kamar hotel-hotel bintang tiga di Surabaya sama? Yang dimaksud dengan struktur berdasarkan Uniform System of Accounts for Hotels beban langsung pada departemen kamar terdiri atas payroll and related expenses dan other expenses. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka diajukan suatu hipotesis dimana· hipotesis awalnya adalah struktur beban langsung departemen kamar pada hotel-hotel bintang tiga tersebut sama. Adapun data-data yang diperlukan untuk pengujian hipotesis tersebut diperoleh melalui angket yang berisi : persentase setiap beban langsung terhadap jumlah beban langsung pada departemen kamar, jumlah kamar yang tersedia untuk dihuni dan tingkat hunian selama satu tahun. Angket tersebut diisi oleh pihak hotel yang terpilih sebagai sampel. Setelah data-data yang diperoleh melalui angket tersebut diolah, kemudian dilakukan chi square test. Dari hasil chi square test dapat disimpulkan bahwa struktur beban langsung departemen kamar yang ada pada hotel-hotel bintang tiga di Surabaya temyata tidak sama walaupun ada standar pelayanan dan fasilitas tertentu yang harus dipenuhi sebagai hotel bintang tiga.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 21 May 2014 06:52 |
Last Modified: | 21 May 2014 06:52 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14861 |
Actions (login required)
View Item |