CAL Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1 -3

., Sulastri (2000) CAL Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1 -3. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_267_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_267_Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231978

Abstract

Salah salu mata pelajaran wajib bagi siswa Sekolah Dasar adalah mata pelajaran matematika. Mata pelajaran ini adalah dasar dari beberapa mata pelajaran lain, sehingga perlu dipahami dengan baik. Banyak siswa/ murid yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahaminya, sehingga sebagian siswa kelas 1-3 merasa bahwa mata pelajaran malematika ihi menakutkan dan banyak dari siswa yang kurang dalam mata pelajaran matematika. Ada beberapa alasan mengapa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Beberapa alasan tersebut diantaranya disebabkan oleh kesalahan siswa itu sendiri. Dimana siswa tidak memahami konsep dasar dari materi berhitung tersebut dengan baik, sehingga hal ini akan berpengaruh kepada pemahaman materi berikutnya. Alasan yang kedua disebabkan karena materi dari mata pelajaran ini cukup banyak, sedangkan alasan yang ketiga karena mata pelajaran ini sulit untuk dibayangkan karena masih anak-anak, sehingga untuk membayangkannya tanpa benda yang konkret sulit maka dari itu perlu adanya visualisasi dan latihan sehingga bisa membantu para siswa dalam mempelajari matematika. Dalam hubungan antara pendidikan dan komputer ada suatu alat bantu ajar dengan memanfaatkan komputer atau yang biasanya dikenal dengan nama CAL (Computer Aided Learning). Melalui tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak CAL yang diharapkan dapat digunakan untuk membantu siswa dalam mempelajari konsep dan operasi dasar berhitung (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan, pengenalan waktu) dari materi matematika khususnya matematika kelas 1-3 sekolah dasar. Perangkat lunak CAL yang dibuat ini menyajikan visualisasi dan kesempatan pemakai untuk berinteraksi yaitu dengan menyelesaikan soal-soal yang diberikan secara acak sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Dari perangkat lunak CAL yang telah diterapkan dalam program maka kemampuan dari program adalah berhasil menarik minat anak sekolah dasar dalam belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi lewat jajak pendapat yang telah dilakukan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa perangkat bantu ajar ini bisa membuat siswa mempelajari matematika lewat latihan yang diberikan, dapat mengevaluasi hasil belajar lewat nilai yang di dapat. Dan saran yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan Tugas Akhir ini adalah dengan mengembangkan sistem multimedia yaitu memanfaatkan penjelasan lewat suara sehingga siswa dapat menangkap lebih mudah.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 22 May 2014 03:29
Last Modified: 22 May 2014 03:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15005

Actions (login required)

View Item View Item