Sotyakantjana, Anastasia Ria (1997) Penerapan Analisis Biaya Strategik Dalam Taktik Penetapan Harga Yang Kompetitif Pada Badan Usaha X Di Jawa Timur. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_695_Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Revolusi informasi dan lingkungan usaha yang makin kompetitif menyebabkan badan usaha harus semakin meningkatkan strategi kompetitihya. Salah satu senjata yang penting adalah strategi penetapan harga. Dengan putusan harga yang tepat akan memungkinkan eksistensi yang terus menerus, dan sebaliknya bila putusan yang diambil salah dapat berakibat fatal pada badan usaha yang bersangkutan. Dalam keadaan persaingan yang ketat, pesaing menurunkan harga jual sampai dibawah beban total per unit ditambah dengan meningkatnya harga bahan baku, menyebabkan P.T. X mengalami penurunan volume penjualan yang terus menerus yang mengakibatkan badan usaha yang bergerak dalam industri pakaian jadi ini hanya beroperasi pada tingkat kapasitas 70% dari kapasitas normal. Hal ini mennyebabkan badan usaha harus mengevaluasi kembali kebijakan dalan taktik penetapan harganya. Data-data yang dikumpulkan melalui wawancara dan pengumpulan data pada badan usaha X selama empat minggu, di kantor utama badan usaha. Dari pengumpulan data dan wawancara tersebut diperoleh data-data beban baik secara total maupun per unit yang ternyata tidak dapat ditutup jika badan usaha mengikuti permainan harga pesaing, pandangan para pelanggan berdasarkan survey yang telah dilakukan badan usaha dan posisi badan usaha di dalam industri. Pada tingkat operasi 70% tersebut, serta mengikuti perang harga dengan para pesaing, diperoleh data bahwa produk yang tergolong penting pada badan usaha X mengalami kerugian. Harga jual hanya dapat menutup beban variabel tanpa bisa menutup beban tetap. Pandangan para pelanggan terhadap produk badan usaha X ternyata cukup baik, karena dengan harga yang kurang lebih sama, kualitas produk badan usaha X adalah lebih baik dibandingkan dengan para pesaing. Hal ini menyebabkan badan usaha cukup mempunyai posisi di bidang industri pakaian jadi. Data-data tersebut kemudian diolah antara lain dengan pendekatan kontribusi yang dibandingkan dengan full cost, analisis pelanggan, analisis pesaing dan akhirnya analisis strategik. Dari analisis marjin kontribusi menunjukkan bahwa badan usaha harus harga jualnya untuk meningkatkan volume penjualan dm diharapkandengan meningkatnya volume penjualan akan meningkat pula kontribusi...
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 22 May 2014 07:28 |
Last Modified: | 23 May 2014 01:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15112 |
Actions (login required)
View Item |