Studi Pengarung Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada Perusahaan yang telah Mengungkapkan Corporate Social Responsibility (CSR)

Bubun, Corazon Sufa (2009) Studi Pengarung Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada Perusahaan yang telah Mengungkapkan Corporate Social Responsibility (CSR). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2393_Abstrak.pdf

Download (44Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131907

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui pegaruh tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada semua perusahaan publik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2006. Saat ini, pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) telah mendapat perhatian dari pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Namun terdapat kekhawatiran kalau perusahaan akan menjadikan Corporate Social Responsibility (CSR) ini sebagai alasan untuk mencari dana (Widyahartono, 31 Juli 2007). Corporate Social Responsibility (CSR) juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan citra perusahaan bagi publik, termasuk investor dan menjadi bagian dari strategi bisnis dan pengelolaan risiko perusahaan (Fajri MP, 11 Maret 2006). Pengungkapan informasi tersebut bertujuan untuk mengurangi asimetri informasi terutama pada perusahaan yang memiliki korelasi earnings/returns yang rendah. Pengukuran expected return saham perusahaan yang terbaik adalah return indeks pasar (Pincus, 1993, dalam Widiastuti, 2002; Junaedi, 2005; Sayekti dan Ludovicus, 2006). Pada penelitian sebelumnya, Widiastuti (2002, dalam Sayekti dan Ludovicus, 2006) menemukan adanya pengaruh positif signifikan dari luas pengungkapan sukarela terhadap ERC. Sedangkan menurut penelitian Sayekti dan Ludovicus (2006) ada pengaruh negatif dari tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan terhadap ERC. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara tingkat kelengkapan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Earning Response Coefficient (ERC).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, earning response coefficient
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 22 May 2014 07:54
Last Modified: 22 May 2014 07:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15127

Actions (login required)

View Item View Item