Efektivitas Diabetes Education dalam Meningkatkan Pengetahuan, Aktivitas Self-Care dan Kontrol Glikemik pada Pasien Diabetes Mellitus

Yuanita, Ongkojoyo (2011) Efektivitas Diabetes Education dalam Meningkatkan Pengetahuan, Aktivitas Self-Care dan Kontrol Glikemik pada Pasien Diabetes Mellitus. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224359

Abstract

Latar Belakang: American Diabetes Association (ADA) menggaris bawahi pentingnya keterampilan dan pengetahuan dalam manajemen diri pada pasien Diabetes Mellitus (DM). Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan pasien dalam memahami dan melaksanakan self-care, akan menentukan keberhasilan kontrol diabetes. Namun, penderita DM seringkali memiliki pengetahuan yang kurang terkait penyakitnya dan aktivitas self-care, yang mengakibatkan rendahnya kemampuan dalam manajemen diri. Diabetes Education merupakan suatu program yang ditujukan bagi pasien DM yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam menangani diabetes yang diderita secara efektif, serta merubah tingkah laku pasien (behaviors change.) Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Diabetes Education dalam meningkatkan pengetahuan dan aktivitas self-care, serta menurunkan level HbA1c pada pasien DM. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di komunitas, yaitu di Apotek Century Pakuwon Darmo dengan purposive sampling berdasarkan data Master Member Card. Pada penelitian ini, intervensi yang diberikan adalah Diabetes Education. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisioner The Summary of Diabetes Self-Care Activities (SDSCA) dan Diabetes Knowledge Test (DKT). Hasil: Jumlah pasien yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 26 orang, terbagi menjadi kelompok uji dan kontrol secara acak. Rata-rata usia pasien adalah 52,04 ± 9,03 dan terdiagnosa diabetes sejak 3,45 ± 2,43 tahun. Semua pasien adalah penderita DM tipe 2. Pengetahuan pasien pada kelompok uji meningkat dengan nilai rata-rata pre test sebesar 59,92% menjadi 86,77% setelah post test. Nilai aktifitas self-care pada kelompok uji saat pre test adalah 13,008 menjadi 21,923. Penurunan level HbA1c sebesar 9,168% menjadi 8,208% . Semua perubahan yang terjadi adalah signifikan. Kesimpulan: Layanan Diabetes Education dapat meningkatkan pengetahuan dan aktivitas self-care pada pasien DM, serta menurunkan level HbA1c secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, Diabetes Education, Aktivitas Self-Care, SDSCA, DKT
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 22 May 2014 07:56
Last Modified: 22 May 2014 07:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item View Item