Studi Pengembangan Instrumen Kepatuhan Pasien Penyakit Kronis (Studi Pendahuluan pada Pasien Diabetes Mellitus di Rumkital DR. Ramelan)

Gunawan, Hery (2011) Studi Pengembangan Instrumen Kepatuhan Pasien Penyakit Kronis (Studi Pendahuluan pada Pasien Diabetes Mellitus di Rumkital DR. Ramelan). Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224424

Abstract

Ketidakpatuhan pasien penyakit kronis dapat mempengaruhi keamanan dan keefektifan terapi yang didapat, sehingga dapat meningkatkan mortalitas dan morbiditas, serta meningkatkan biaya pengobatan yang dijalani. Oleh karena itu diperlukannya alat untuk dapat menilai kepatuhan. Kuisioner merupakan salah satu bentuk metode pengukuran kepatuhan secara tidak langsung. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang dirancang berdasarkan 4 dimensi, yaitu : faktor terkait pasien, terapi, kondisi, dan sosialekonomi. Sebelum menjadi instrumen yang standart, harus melalui tahap pengembangan instrumen dan pengujian validitas dan reliabilitas secara empirik. Partisipan merupakan pasien Poli Diabet RUMKITAL dr. Ramelan yang dipilih dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu sampling insidental dan sampling purposive. Pembuatan instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 3 kali validasi : validasi I dengan 40 pasien (55% pria dan 45% wanita); validasi II dengan 35 pasien (42.9% pria dan 57.1% wanita); dan validasi III dengan 37 pasien (67.6% pria dan 32.4% wanita). Hasil menunjukan instrumen valid untuk mengukur kepatuhan pasien diabetes mellitus yang terdiri dari 35 butir pernyataan tertutup. Selanjutnya instrumen diterapkan pada 338 pasien (43.79% pria dan 56.21% wanita), yang hasilnya menunjukan bahwa sebagian besar tingkat kepatuhan pasien berada dalam kategori patuh (79.88%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Diabetes Millitus, Instrumen, Kuisioner, Validasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 22 May 2014 07:59
Last Modified: 22 May 2014 07:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item