Arryanto, Andreanus (1995) Perbedaan Perilaku Mandiri Di Tinjau Dari Pola Asuh Dan Urutan Anak Dalam Keluarga Pada Mahasiswi Angkatan 1992 - 1994 Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya - Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pada masa dewasa ini, banyak ditemui pada diri para perempuan suatu masalah yang berkaitan dengan perilaku mandiri dalam kehidupannya dilingkungan keluarga ataupun dilingkungan masyarakat luas. Ada berbagai macam aspek yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan suatu perilaku mandiri, antara lain faktor usia, status ekonomi, pola asuh, jenis kelamin, adat istiadat atau kebudayaan, serta urutan anak atau status anak dalam keluarga. Untuk itu, dalam penelitian ini ingin melihat apakah ada perbedaan perilaku mandiri yang ditinjau dari pola asuh ibu, selaku orang yang paling dekat, dan berkesempatan lebih banyak untuk mendampingi anak - anaknya, dibandingkan dengan orang lain, dan dengan melihat urutan anak dalam suatu keluarga. Dengan adanya perilaku mandiri anak diharapkan dapat tumbuh dan berkembang untuk dapat mencapai sesuatu yang lebih baik, yang lebih berguna baik bagi dirinya sendiri ataupun bagi orang lain. Dari teori - teori yang ada dapat diturunkan hipotesis 1. ada perbedaan perilaku mandiri yang ditinjau dari pola asuh pada mahasiswi angkatan 1992-1994 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. 2. ada perbedaan perilaku mandiri yang ditinjau dari urutan anak pada mahasiswi angkatan 1992-1994, Fakultas Psikologi,Universitas Surabaya. 3. ada interaksi antara pola asuh dengan urutan anak terhadap perilaku mandiri pada mahasiswi angkatan 1992-1994, Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya. Subyek penelitiannya adalah, mahasiswi Fakultas Psikologi,angkatan 1992-1994, Universitas Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Varians AB (Anava AB), sebelum melakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data yang sudah diperoleh. Dari hasil analisis data, diperoleh hasil F = 10.925 dan P = 0,000, yang berarti sangat signifikan pada antar A. F = 6.542 dan P = 0,002, yang berarti signifikan pada antar B. lalu F = 3.670 dan P = 0,007, yang berarti sangat signifikan pada interaksi AB. Oleh karena itu maka hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima dan didapat kesimpulan bahwa ada perbedaan perilaku mandiri yang ditinjau dari pola asuh dan urutan anak serta ada interaksi antara pola asuh dengan urutan anak terhadap perilaku mandiri pada mahasiswi angkatan 1992 1994, Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 03:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 07:12 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |