Pengaruh Layanan Medication Use Review (MUR) oleh Farmasi terhadap Outcome Terapi Diabetes Serta Kejadian Masalah Terkait Obat pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Surabaya

Purnomo, Felly (2012) Pengaruh Layanan Medication Use Review (MUR) oleh Farmasi terhadap Outcome Terapi Diabetes Serta Kejadian Masalah Terkait Obat pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/229499

Abstract

Latar Belakang: Diabetes merupakan salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi, baik di Indonesia maupun di dunia. Terapi diabetes yang adequate, terintegrasi oleh tim medis yang cukup memadai, terbukti dapat meningkatkan outcome terapi, mencegah atau memperlambat progresifitas terjadinya komplikasi mikrovaskular maupun makrovaskular. Tetapi kenyataannya banyak terjadi permasalahan terkait penggunaan obat yang menyebabkan pasien tidak mendapatkan terapi yang cukup adequate untuk mencapai outcome terapi yang maksimal. Berdasarkan suatu penelitian meta-analisis Machado et al (2007), yang mengevaluasi peningkatan outcome pasien diabetes, dengan adanya pengaruh layanan kefarmasian, dinyatakan bahwa layanan kefarmasian merupakan program yang memiliki pengaruh yang positif terhadap outcome terapi pasien diabetes dan permasalahan terkait obat.7 Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh layanan kunjungan ke rumah menggunakan metode Medication Use Review oleh farmasis terhadap penurunan gula darah serta terhadap penyelesaian masalah terkait dengan obat pada pasien diabetes di unit rawat jalan Rumah Sakit tersebut. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di poli rawat jalan di sebuah Rumah Sakit swasta di Surabaya dengan metode pengambilan sampel simple random sampling berdasarkan kunjungan pasien ke poli rawat jalan. Peserta penelitian dibagi dalam dua kelompok secara acak, yaitu kelompok uji yang mendapat intervensi, dan kelompok kontrol yang tidak mendapat intervensi. Intervensi yang diberikan adalah layanan MUR. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai instrumen (MUR, glucometer, New Scoring System for The Algorithm, The Drug Interaction Probability Scale), sedangkan data HbA1c, gula darah puasa dan post-prandial diperoleh dari pemeriksaan laboratorium. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t (t-test) dan uji mann-whitney. Hasil: Layanan MUR berpengaruh baik terhadap gula darah puasa, HbA1c serta terhadap penyelesaian masalah terkait dengan obat, tetapi tidak berpengaruh terhadap penurunan gula darah 2 jam setelah makan pada pasien diabetes di unit rawat jalan Rumah Sakit tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diabetes, Medication Use Review (MURI), Layanan Kefarmasian pasien diabetes
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 May 2014 02:57
Last Modified: 26 May 2014 02:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15249

Actions (login required)

View Item View Item