Pengendalian Kualitas di PT Tirta Bahagia

., Sugianto (1999) Pengendalian Kualitas di PT Tirta Bahagia. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_920_Abstrak.pdf

Download (152Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154737

Abstract

PT. Tirta Bahagia adalah sebuah perusahaan yang memproduksi air mineral dalam kemasan. Melihat sifat dari output perusahaan yang merupakan barang konsumsi dalam artian diminum, pada akhirnya berhubungan dengan kesehatan maka tuntutan konsumen atas kualitas produk amat tinggi. Dengan mengutamakan kualitas produk diharapkan dapat memberikan image yang baik pada konsumen dan selanjutnya akan tercipta loyalitas konsumen terhadap produk. Selama ini P.T. Tirta Bahagia telah menerapkan sistem pengendalian kualitas yang cukup baik pada proses produksinya, akan tetapi prosedur pengendalian kualitas yang dilakukan belum efektif. Penelitian ini dilakukan guna peningkatan pengendalian kualitas dan usaha mengurangi terjadinya cacat pada proses produksi sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengendalikan kualitas cup dengan peta kontrol c, menentukan jenis cacat yang mendapat prioritas pengendalian dengan diagram pareto, mengetahui faktor-faktor penyebab cacat dan mencari pemecahan masalah dengan diagram lshikawa kemudian merancang perbaikan untuk cacat yang dominan. Hasil analisis diagram pareto menunjukkan bahwa jenis cacat yang perlu mendapat pengendalian lebih lanjut adalah cacat pesok, cacat bocor, cacat air kurang, cacat lid miring dan cacat kerak. Selanjutnya jenis-jenis cacat ini dicari faktor penyebabnya dengan diagram lshikawa dan diketahui cacat tersebut sebagian besar disebabkan oleh supplier. Dengan diketahuinya penyebab utama ini maka dibuat rancangan perbaikan kualitas dengan menggunakan sampling Dogde-Romig untuk menyaring kemasan cacat yang akan masuk ruang produksi dan menaikan ketinggian air dalam final tank untuk mengurangi cacat air kurang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan petakontrol c menunjukkan proses tekendali, faktor eksternal menjadi faktor penyebab cacat terbanyak dan hasil perbaikan kualitas yang telah dilakukan dapat dikatakan cukup baik untuk menurunkan jumlah cacat pada cacat pesok, bocor dan air kurang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 May 2014 03:24
Last Modified: 26 May 2014 03:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item