Implementasi Digital Marketplace ( Untuk Toko Komputer ) yang dapat Membantu User Berbelanja Sesuai Anggaran

Subagio, Siska Gustining (2004) Implementasi Digital Marketplace ( Untuk Toko Komputer ) yang dapat Membantu User Berbelanja Sesuai Anggaran. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_497_Abstrak.pdf

Download (61Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137606

Abstract

Proses pembelian komputer memang tampak tidak begitu sulit dan tidak perlu banyak persiapan. Tetapi sebenarnya dalam proses pembelian ini ada banyak hal dan faktor yang harus diperhatikan seperti mencari informasi tentang produk yang akan dibeli, mencari informasi toko yang menjual produk tersebut dan masih harus memilih mana yang akan dibeli dari hasil informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya. Semua itu memerlukan waktu yang lama dan banyak tenaga serta banyak pembeli mendapatkan informasi dari teman, majalah atau dari toko-toko komputer yang dikenalnya. Meskipun demikian ternyata masih banyak pembeli yang mengalami kesulitan seperti pembeli harus tanya ke setiap teman atau toko dengan pertanyaan yang sama, membeli banyak majalah tentang komputer untuk dijadikan bahan pertimbangan, disaat akan membeli masih harus menunggu dalam waktu yang lama karena menunggu dilayani dan menunggu diambilkan dari distributor (sebagian besar toko-toko komputer tidak suka menyetok barang) dan saat semua data sudah terkumpul pembeli banyak yang mengalami kesulitan untuk menentukan pilihan yang akan dibeli karena terbatasnya dana yang tersedia. Karena kesulitan itu maka perlu dibuat suatu aplikasi yang dapat membantu pembeli melakukan proses pembelian. Dari semua permasalahan dan kesulitan yang dialami oleh pembeli itulah digital marketplace untuk toko komputer ini menyediakan berbagai informasi tentang komputer dan fasilitas untuk melakukan proses pembelian mulai dari menentukan produk apa yang ingin dibeli, informasi toko-toko mana saja yang menjual produk yang sesuai dengan keinginannya sampai memberi alternatif pilihan dan saran apa yang sebaiknya dibeli serta fasilitas untuk transakasi pembelian tapi hanya sebatas pada proses pesanan yaitu dengan mengirimkan data pesanan ke alamat email toko yang bersangkutan dan semua ini diaplikasi dalam bentuk web. Oleh sebab itu perlu ada sistem pendukung keputusan untuk memberikan alternatif pilihan pada user. Setelah proses analisis dilakukan dilanjutkan dengan proses desain sistem yang meliputi ER-Diagram, Mapping, dan Normalisasi serta proses pencarian alternatif. Untuk proses sistem pendukung keputusan pembeli 1 user hanya diperlukan inputan komponen apa yang ingin dibeli dan berapa dana yang dianggarkan serta prosentase faktor yang perlu diperhatikan untuk dilakukan filter dan proses perhitungan. Setelah itu user akan mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut dan saran mana yang sebaiknya dibeli. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aplikasi digital marketplace untuk toko komputer untuk membantu user berbelanja sesuai anggaran kesulitan yang ada dapat dihilangkan atau setidaknya dikurangi sehingga diharapkan agar proses pembelian dapat beljalan sesuai yang diinginkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 28 May 2014 05:53
Last Modified: 28 May 2014 05:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item