Pembuatan Game Puzzle Bobble Di Mobile Phone

Wardana, Made Arya Wisnu (2004) Pembuatan Game Puzzle Bobble Di Mobile Phone. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_500_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_500_Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137439

Abstract

Handphone merupakan alat komunikasi yang jumlahnya makin banyak. Kebutuhan akan komunika si mobile saat ini semakin penting. Ada beberapa aplikasi yang terdapat dalam handphone kebanyakan sekarang ini, seperti aplikasi dalam berkomunikasi telepon, alarm, kalender, pesan, game dan lain sebagainya. Aplikasi game ini menarik untuk dikembangkan karena bentuk handphone dan fitur-fiturnya yang mendukung dalam bermain. Di Indonesia masih belum banyak yang mengembangkan aplikasi ini. Penyebab utamanya yaitu referensi-referensi tentang pembuatan aplikasi Java pada handphone masih sedikit. Game yang dibuat pada Tugas Akhir ini bemama Puzzle Bobble. Puzzle Bobble adalah game berjenis puzzle seperti Tetris. Tujuannya yaitu menghabiskan bola-bola yang tersusun pada area dengan cara menembakkan bola ke bola-bola yang warnanya sama dengan jumlah 3 atau lebih bola. Game akan berakhir bila bola-bola yang tersusun melewati batas bawah. Aplikasi game ini memiliki fasilitas pengiriman score ke highscore online pada server dengan menggunakan GPRS pada handphone. Game ini hanya dapat dimainkan oleh satu player pada handphone yang mendukung Java. Dalam pembuatan aplikasi game ini dibutuhkan beberapa perangkat lunak seperti Java 2 SDK yang menyediakan paket class Java standar, JCreator Pro sebagai editor Java J2ME, Wireless Toolkit yang menyediakan paket class Java untuk handphone, dan beberapa perangkat lunak dan tambahan paket class dari Nokia dan emulatornya. Emulator dari Nokia diperlukan untuk uji coba aplikasi game. Handphone memiliki prosesor dan memori yang kecil, apalagi yang disediakan untuk suatu aplikasi tambahan seperti game. Sebagian besar prosesor dan memori digunakan untuk aplikasi utama yaitu komunikasi seperti telepon atau SMS. Oleh karena itu dalam pembuatan aplikasi pada handphone dibutuhkan optimasi pada source code dan resource sehingga aplikasi tidak membutuhkan prosesor dan memori yang besar pada handphone. Versi terbaru dari emulator yang digunakan masih versi beta sehingga proses-proses yang menggunakan koneksi internet pada game tidak dapat dijalankan misalnya pada proses pengiriman score ke server. Oleh karena itu untuk menguji proses-proses tersebut, maka akan langsung diuji coba menggunakan handphone.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 28 May 2014 07:04
Last Modified: 28 May 2014 07:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item