Aplikasi Teori Perilaku Terencana : Niat Berolahraga Futsal Pada Perempuan

SANTOSO, JONATHAN EVAN (2013) Aplikasi Teori Perilaku Terencana : Niat Berolahraga Futsal Pada Perempuan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of S_334_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
S_334_Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234450

Abstract

Banyak perempuan yang menghabiskan waktu luangnya dengan melakukan olahraga futsal. Fenomena ini juga dapat dilihat melalui pertumbuhan bangunan-bangunan lapangan futsal yang semakin tersebar pada beberapa kota besar di Indonesia, khususnya di Surabaya. Berdasarkan fenomena diatas, alasan utama untuk mengangkat topik ini dalam penelitian ialah penulis bermaksud untuk meneliti variabel-variabel yang melatarbelakangi perilaku berolahraga futsal yang dilakukan perempuan. Tujuannya, peneliti ingin menguji apakah ada hubungan antara attitude towards behavior (ATB), subjective norm (SN), dan perceived behavioral control (PBC), baik secara bersama-sama maupun secara parsial, dengan niat berolahraga futsal pada perempuan. Subjek penelitian ini (N = 98) adalah perempuan yang pernah berolahraga futsal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik incidental sampling (mayor hipotesis penelitian dianalisis dengan korelasi ganda, dan hipotesis penelitian dengan korelasi parsial). Hasil uji hipotesis menujukkan bahwa : (a). terdapat hubungan yang signifikan antara ATB, SN, dan PBC, secara bersama-sama terhadap niat berolahraga futsal pada perempuan (F = 7.158; p = 0,000 di mana p < 0,05). (b). terdapat hubungan yang signfikan antara ATB dengan niat berolahraga futsal pada perempuan (t = -2.789; p = 0.006 di mana p < 0,05). (c). terdapat hubungan yang tidak signfikan antara SN terhadap niat berolahraga futsal pada perempuan (t = -0.948; p = 0.345 di mana p > 0,05). (d). Terdapat hubungan yang signfikan antara PBC terhadap niat berolahraga futsal pada perempuan (t = -2.876; p = 0.005 di mana p < 0,05). Kesimpulan secara umum, niat untuk berolahraga futsal tidak dipengaruhi oleh faktor sosial, lingkungan di sekitarnya (subjective norm), lebih pada faktor sulit atau mudahnya (perceived behavioral control) seseorang dan faktor personal individual, bagaimana seseorang tersebut memandang, meyakini dan menyikapi perilaku tersebut (attitude toward behavior).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: attitude towards behavior, subjective norm, perceived behavioral control, berolahraga, futsal, perempuan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 28 May 2014 09:52
Last Modified: 28 May 2014 09:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15388

Actions (login required)

View Item View Item