Perencanaan Kapasitas Produksi Bagian Penjahitan Model Baju Koko Ampil 1 Di CV. XYZ Surabaya

HARNATALIA, MELLY DWI (2013) Perencanaan Kapasitas Produksi Bagian Penjahitan Model Baju Koko Ampil 1 Di CV. XYZ Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5281_Abstrak.pdf

Download (45Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232166

Abstract

Perencanaan kapasitas berhubungan dengan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan produk dalam pemenuhannya terhadap demand yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Di dalam perencanaan kapasitas, terdapat beberapa pertimbangan dalam memenuhi demand pelanggan yaitu pengukuran standar waktu kerja yang dihitung melalui performance rating dan allowance time setiap pekerja. Allowance time digunakan untuk memberikan fleksibilitas dalam menghadapi berbagai kondisi seperti kebutuhan yang bersifat pribadi, faktor kelelahan dan keterlambatan material. Untuk memenuhi lonjakan permintaan baju koko untuk masing-masing model, CV.XYZ pada bagian penjahitan model baju Ampil 1 membutuhkan perencanaan kapasitas produksi. Perhitungan kapasitas waktu yang efektif dimulai dengan menentukan waktu siklus, waktu normal dan waktu standar. Waktu standar merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan oleh seorang pekerja yang memiliki tingkat kemampuan rata-rata. Waktu standar ini akan digunakan sebagai dasar penentuan waktu dari tiap-tiap proses untuk menentukan jumlah work station yang dibutuhkan dalam line balancing. Dari proses line balancing, akan diketahui berapa ouput yang akan dihasilkan dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Rancangan ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk memenuhi lonjakan demand untuk baju koko CV.XYZ. Dari hasil rancangan dapat diilihat bahwa kapasitas yang efektif dapat dikerjakan dalam 3 work station dari hasil line balancing dengan efisiensi sebesar 73,511% dan idle capacity sebesar 26,489%. Jumlah baju yang dapat dihasilkan oleh setiap hari per lini rata-rata sebesar 42 unit. Maka dari itu, untuk memenuhi lonjakan permintaan untuk periode Juli-September 2011 dibutuhkan 21,64050464 lini yang setara dengan 65 tenaga kerja.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Kapasitas, Pengukuran Standar Waktu, Bagian Penjahitan, Line Balancing, Jumlah Tenaga Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 28 May 2014 11:17
Last Modified: 28 May 2014 11:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item