Pembuatan Cal Untuk Pembelajaran Bahasa Korea Tingkat Dasar Dan Pra Menengah

Syahputra, Andrie Maulana (2006) Pembuatan Cal Untuk Pembelajaran Bahasa Korea Tingkat Dasar Dan Pra Menengah. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_662_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_662_Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137245

Abstract

Topik tugas akhir ini adalah Pembuatan CAL Pembelajaran Bahasa Korea untuk Tingkat Dasar dan Pra Menegah. Dasar-dasar teori dan Latihan yang cukup dapat membantu untuk bisa memahami suatu bahasa yang ingin Latihan-latihan tersebut bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan guru pengajar. Bagi penguna, apabila dengan seorang guru kursus mempunyai waktu yang terbatas di tempat kursus dan kurang bisa memberikan perhatian yang cukup, maka seorang pengguna dapal melakukan latihan-latihan tersebut di rumah. Latihan-latihan yang dibuat harus sesuai materi yang harus diterima sebagaimana murid tersebut menerimanya di kursus sehingga mau mcngerjakan latihan-latihan tersebut namun dikemas. agar tidak merasa bosan. Penyampaian materi dan latihan harus dibuat untuk bisa dimengerti semua orang yang ingin mempelajari bahasa Korea tanpa bantuan guru. Bagi murid, bahasa Korea dirasa sulit karena bahasa Korea mempunyai huruf serta angka yang berbeda dari bahasa yang telah diterima sebelumnya seperti bahasa Indonesia ataupun Inggris. Sehingga memerlukan latihan yang banyak dan perlu dilakukan berulang-ulang sampai pengguna benar-benar mengerti. Latihan yang sesuai dengan materi akan sangat membantu dalam memahami bahasa Korea. Selain itu, juga dapat membantu guru dalam mengajar terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan saat kursus. Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini antara lain untuk membantu seseorang ditujukan bagi semua orang yang ingin mempelajari bahasa Korea tanpa bantuan guru pengajar. CAL diterapkan dengan menggunakan elemen-elemen multimedia antara lain gambar, teks, suara berupa rnusik ataupun suara orang berbicara, dan animasi dengan tujuan untuk memberikan materi sesuai dengan sebagaimana mestinya diterima di lembaga Kursus. Animasi yang diberikan adalah animasi untuk menulis huruf Hasil evaluasi yang Lelah dilakukan menunjukkan hasil yang sangat memuaskan, dimana pengguna mengerti materi yang disampaikan walaupun sebagian dari mereka belum pernah belajar bahasa Korea sebelumnya Mereka cenderung mau menyelesaikan sendiri latihan yang ada tanpa penjelasan guru sebelumnya. Dengan kata lain CAL ini sangat membantu seseorang yang mempelajari bahasa Korea tanpa bantuan guru pengajar. Jadi, tujuan dari tugas akhir sudah terpenuhi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 02 Jun 2014 04:54
Last Modified: 02 Jun 2014 04:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item