Kartika, Velyn (1999) Penerapan Value Chain Analysis dalam Rangka Mendukung Differentiation Strategy Guna Memperoleh Competitive Advantage pada BU Z di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1373_Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Pesatnya perkembangan dunia usaha didukung dengan kemajuan teknologi dan informasi, menyebabkan persaingan dunia usaha sangat ketat. Untuk dapat bertahan maka badan usaha harus mempunyai strategi yang tepat. Ada tiga strategi yang dapat diupayakan oleh badan usaha untuk menghadapi persaingan lingkungan industri yaitu cost leadership, differentiation dan focus. Keberhasilan badan usaha agar dapat memenangkan persaingan didukung oleh suatu informasi serta suatu analisis yang relevan yaitu analisis value chain. Menurut Porter analisis value chain adalah suatu alat analisis biaya yang dapat digunakan untuk menganalisis sumber keunggulan bersaing badan usaha caranya yaitu dengan menguraikan badan usaha ke dalam aktivitas yang relevan secara strategis. Analisis value chain memisahkan aktivitas-aktivitas menjadi dua bagian yaitu aktivitas primer dan aktivitas pendukung. Aktivitas primer terdiri dari inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing and sales serta service; sedangkan aktivitas pendukung terdiri dari procurement, technology development, human resources management dan firm infrastucture. Masing-masing aktivitas primer dan pendukung berkaitan dengan tiga aktivitas untuk mencapai keunggulan bersaing yaitu direct activities, indirect activites dan quality assurance. Badan usaha "Z" memperoduksi Garmen di Sidoarjo dalam menjalankan usahanya badan usaha melakukan strategi diferensiasi yaitu diferensiasi kualitas yang terlihat pada pemilihan bahan baku yang digunakan. Sumber diferensiasi ini ditimbulkan dari aktivitas procurement dan operations yang didukung dengan aktivitas inbound logistics karena pada aktivitas ini merupakan aktivitas untuk mendukung bahan baku agar bahan baku tersebut tetap terjamin kualitasnya. Serta aktivitas-aktivitas lain yang mendukung aktivitas procurement, operations dan inbound logistics. Dengan analisis value chain melalui strategi diferensiasi yang dilakukan oleh badan usaha "Z" diharapkan dapat memberikan gambaran yang benar dalam menganalisis biaya berdasarkan aktivitas yang terjadi pada badan usaha sehingga dapat mengetahui aktivitas yang menjadi sumber diferensiasi untuk dapat dikembangkan dan menjadi perhatian yang utama sehingga pada akhirnya dapat mencapai keunggulan bersaing.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 04:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 04:08 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15681 |
Actions (login required)
View Item |