SUSANTO, MICHELLE (2012) Pricing Pada PT Era Cipta Prima Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_5237_Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Industri garmen merupakan salah satu industri yang penting di Indonesia. Bersama-sama dengan industri tekstil dan produk tekstil lainnya (TPT), industri ini merupakan penyumbang devisa terbesar bagi negara setelah minyak dan gas bumi (Migas). Di pasar Internasional, produk garmen Indonesia telah memiliki posisi yang cukup bagus, dengan pangsa antara tiga persen sampai empat persen dari total nilai ekspor dunia. Dari kerja praktik yang dilakukan bertujuan untuk memberikan seperangkat kemampuan kepada mahasiswa berkenaan dengan aktivitas nyata pada dunia kerja atau dunia usaha dan akan memberikan gambaran sesungguhnya tentang dunia kerja yang di dalamnya terjadi akomodasi berbagai konsep dan teori dengan persoalan persoalan praktis yang dihadapi serta upaya pemecahannya. Perusahaan menghadapi permasalahan dengan menerapkan flate-rate pricing yaitu Buyer Delami akan melakukan repeat order jenis Tira jeans dengan harga yang sama seperti sebelumnya. Pada saat proses costing (dapat dilihat pada lampiran 4), ketika dianalisa ternyata profit yang diperoleh rata rata dari keseluruhan hanya sebesar 6,04% sedangkan rata-rata profit yang diharapkan oleh komisaris perusahaan sebesar 9,05%. Kalau melakukan negosiasi dengan pihak supplier, rata-rata profit yang dihasilkan tidak dapat mencapai 9,05 %. Oleh karena itu, pihak marketing perusahaan berusaha untuk melakukan negosiasi dengan pihak Delami ternyata pihak Delami menolak dan menginginkan harga yang sama seperti pesanan sebelumnya sehingga perusahaan akhirnya menerima pesanan dengan rata-rata profit sebesar 6,04%. Dampak yang terjadi pada profit PT Era Cipta Prima adalah profit yang diperoleh berdasarkan perhitungan actual price tidak sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Perusahaan menginginkan profit sebesar 9,05% sedangkan saat ini hanya memperoleh profit 6,04%. Perusahaan tidak dapat memenuhi salah satu tujuan penetapan harga yaitu mengejar profit dalam mencapai tingkat target spesifik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pricing, Standard Markup Pricing, laba. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 08:45 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 08:45 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15752 |
Actions (login required)
View Item |