Analisis Key Success Faktor sebagai Alat Pengukur Kinerja dan Strategi Bersaing pada Apotek X di Surabaya

Swasanti, Evy (2005) Analisis Key Success Faktor sebagai Alat Pengukur Kinerja dan Strategi Bersaing pada Apotek X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1850_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1850_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152962

Abstract

Perdagangan bebas yang mulai diberlakukan menyebabkan persaingan diantara badan usaha mulai mengglobal,sehingga badan usaha badan usaha tersebut tidak hanya menghadapi pesaing dari luar negeri saja,tetapi juga dari luar negeri. Untuk mempertahankan pangsa pasarnya tiap badan usaha harus meningkatkan kinerjanya dan berusaha menciptakan strategi bersaing yang bisa membuat suatu badan usaha memiliki keunggulan dimata konsumen. Untuk membentuk badan usaha yang unggul, tiap badan usaha harus mengudentifikasikan faktor faktor internal dan eksternal yang dimiliki,yang dapat menjadi kunci keberhasilannya dalam persaingan. Key Success factor merupakan variabel variabel dalam lingkungan badan usaha baik eksternal maupun internal yang sangat mempengaruhi kesuksesan pencapaian tujuan badan usaha. Menurut Atkinson (1995), ada tiga kategori key success factor terdiri dari cost, quality dan service. Badan usaha harus berhati hati dalam mengidentiflkasi key success factornya dengan melihat faktor faktor mana yang penting untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuan badan usaha.Identiflkasi key success factor dapat dilakukan dengan mempelajari, mengevaluasi dan menganalisis semua kenyataan dan kondisi yang terkait dengan aktivitas badan usaha dan pemilihannya didasarkan pada pengalaman dalam mengelola badan usaha imasa lalu. Bila badan usaha telah menetapkan key success factornya maka perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian secara terns menerus.Apabila kinerja key success factor kurang memuaskan maka harus dilakukan identifikasi ulang dengan mempertimbangkan sifat usaha,lingkungan operasi dan tujuan badan usaha sehingga key success factor baru yang dipilih benar benar relevan dengan konisi badan usaha. Tahap selanjutnya setelah dilakukan identiftkasi key success factor adalah menetukan ukuran yang dapat memperkirakan kineJja dari key success factor. Ukuran kineJja key success factor berbeda untuk tiap badan usaha karena tujuan masing masing badan usaha tidak sama. Ukuran kineJja key success factor berguna untuk mengukur kontribusi variabel variabel key success factor dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Hasil akhir dari pengukuran key success factor dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi manajemen mengenai kinerjanya untuk selanjutnya dapat segera ditindaklanjuti bila ada kesalahan dan dilakukan perbaikan sehingga dapat digunakan dalam penetapan perencanaan strategi badan usaha dimasa yang akan datang. Selain digunakan dalam pengukuran kineja key success factor juga digwakan dalam menciptakan strategi bersaing badan usaha. Tiap badan usaha mempunyai strategi bersaing guna membangun landasan yang kuat untuk menghadapi persaingan yang teJjadi. Seringkali key success factor dipakai untuk menetapkan strategi generic

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 04 Jun 2014 03:38
Last Modified: 04 Jun 2014 03:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item