Analisis Kualitas Layanan Sebagai Salah Satu Key Success Factor dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Klien Perusahaan Asuransi X

Oetomo, Yovin Setiawaty (2005) Analisis Kualitas Layanan Sebagai Salah Satu Key Success Factor dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Klien Perusahaan Asuransi X. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1870_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1870_Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153001

Abstract

pastian keadaan yang mana ada sesuatu sebagai jaminan, sup ya htd p sa menjadi tenang dan nyaman. Salah satu ja ban s paya htdup b s rasa nyaman dan tenang di tengah-tengah kondtst yantid.ak mene tu mt alah dengan mengikuti asuransi, karena dengan engtkut.• asura st maka tiap klien atau setiap nasabah asuransi bisa terhm ar dkerugtan yang an mereka rasakan. Hal ini dikarenakan setlap nstko yang akan tanggung oleh seseorang tersebut akan ditanggung oleh pe s aan uransi yang diikutinya, dengan catatan seseorang tersebut memthkt a embeli polis pada perusahaan asuransi yang bersangk:utan. Pada saatm snis asuransi kian marak, hal ini disebabkan karena masyarakat JUga dah mulai memahami pentingnya asuransi di dalam hidup mereka, rutama asuransi jiwa sangat diminati. Persaingan di dunia asuransi kini makin sulit dan makin ketat. k tapi di Indonesia sendiri masih sedikit pe d duknyyang engtkut ogram asuransi, dan dari sekian banyak jems mdustn asuranst, sepertt suransi mobil, asuransi jiwa, yang paling banyak diminati oleh masyarakat donesia secara umum adalah industri asuransi jiwa. Hal ini dikarenakan ulai timbulnya kesadaran dari masyarakat Indonesia untuk melindungi irinya dan keluarganya dalam hal keadaan keuangan, jika pada masa endatang terjadi sessuatu. Tentu saja jika perusahaan asuransi ingin erhasil dengan baik dan survive maka perusahaan asuransi tersebut harus engetahui apa yang menjadi key success factor-nya. Karena key success ctor yang dimiliki oleh perusahaan akan berbeda antara perusahaan yang atu dengan perusahaan yang lain. Oleh karena itu key success factor dari erusahaan asuransi "X" hams diidentifikasi. Salah satu kategori key succes ctor yang hams dimiliki oeh perusahaan jasa dalam hal ini perusahaan suransi "X" adalah faktor sukses dalam hal kualitas layanan, karena ualitas layanan seperti kecepatan perusahaan asuransi dalam membayar laim yang diajukan oleh para kliennya dan hal itu akan mempengaruhi epuasan pelanggan terhadap suatu perusahaan. Kualitas pelayanan iasanya menunjukkan kualitas perusahaan secara keseluruhan. Dan apabila elanggan dapat terpuaskan dengan pelayanan perusahaan tersebut e angga.n akan lebih jauh loyal dan hal tersebut akan membawa dampak atk bagt perusahaan tersebut dan tidak menutup kemungkinan hal itu akan nambah operating income perusahaan tersebut. Pada nantinya penelitian t akan memakai metode pengambilan data dengan metode interview 1 awancara, observasi, serta analisis dokumen. . Penulisan skripsi ii menganalisis kualitas layanan dalam rangka enmgkatkan kepuasan khen atau nasabah dari perusahaan asuransi "X". idak bisa dipungkiri bahwa kualitas layanan berkaitan erat dengan VI kepuasan klien perusahaan asuransi "X". mengingat perusahaan asurans adalah perusahaan jasa oleh karena itu sebaiknya perusahaan asuransi jug harus memperhatikan dengan baik kualitas layanan yang diberikan ole perusahaan asuransi yang terkait kepada para kliennya. Kualitas layana yang akan dibahas pada penuhsan skripsi ini akan dibahas mengen pelayanan para agen dalam melayani calon klien dan kliennya sekaligu kualitas layanan dalam hal para agen memfollow-up kliennya. Hal ini masi ditambah dengan kualitas layanan perusahaan asuransi kepada klienny dalam hal pembayaran klaim yang dilakukan oleh perusahaan asuransi, i juga merupakan hal kualitas layanan yang terpenting. Berikutnya adalah ha kualitas layanan dalam hal layanan produk berupa inovasi produkny mengingat kebutuhan dan keinginan antara satu klien perusahaan asuran akan berbeda dengan klien lainnya, oleh karena itu perusahaan asuransi "X harus dapat mengerti setiap apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh par kliennya. Dengan melakukan wawancara dengan para klien dapat diketah sejauh mana para klien perusahaan asuransi "X" merasa puas dengan siste kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi "X' kepada par kliennya. Dan dari hasil wawancara dapat diketahui bahwa sistem kualita layanan dalam hal klaim, para agen, inovasi produk sudah dap memuaskan para klien. Maupun menurut para klien sendiri, disamping it masih ada kekurangan-kekurangan hal kualitas layanan pada perusahaa asuransi "X" dalam hal komplain mengenai proses surat-menyur perusahaan asuransi "X' kepada klien, kasus MAJOdan masih ditambah lagi dengan keluhan dari salah seorang klien yang mengatakan bahwa pad saat masa polis sudah berakhir dan klien tersebut sedang mengajukan klai akan tetapi premi dari klien tersebut masih ditagih, hal ini harus ada prose perbaikan kualitas layanan dari perusahaan asuransi "X" lebih lanjut Aka tetapi perusahaan asuransi "X" memiliki keunggulan tersendiri yaitu dala hal Jatar belakang perusahaan asuransi "X' yang kantor pusatnya berada Kanada, Toronto ini sangat mendukung dan mendapat perhatian sendiri hati para klien dan calon kliennya serta memiliki agen yang tangguh da ramah dalam memberikan layanan kepada kliennya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 04 Jun 2014 08:30
Last Modified: 04 Jun 2014 08:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item