Analisis Value Chain Sebagai Upaya Menciptakan Competitive Advantage Dalam Mencapai Strategi Cost Leadership Pada Badan Usaha Sepeda X Di Gresik

Sagitta, Dina (1997) Analisis Value Chain Sebagai Upaya Menciptakan Competitive Advantage Dalam Mencapai Strategi Cost Leadership Pada Badan Usaha Sepeda X Di Gresik. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
Ak_789_Abstrak.pdf

Download (112Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154055

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis value chain sebagai upaya menciptakan competitive advantage dalam mencapai strategi cost leadership pada badan usaha sepeda 'X" di Gresik, mengemukakan salah satu hakekat bisnis secara lebih spesifik yang menunjukkan pada perubahan dunia dan ik1im kompetisi dalam mengembangkan altematif pemikiran dan solusi, serta pengukuran kinerja badan usaha. Penyediaan informasi akuntansi manajemen untuk kepentingan manajerial membutuhkan perspektif baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas baik dalam biaya maupun dalam aktivitas dan juga pengambilan putusan yang tepat dari pihak manajemen. Dan untuk hal tersebut, badan usaha perlu didukung oleh informasi dan analisis yang berkaitan dengan akuntansi manajemen yaitu value chain cost. Badan usaha memerlukan pengelolaan biaya yang efektif dan efisien dalam setiap aktivitasnya. Analisis value chain cost ini bermaksud untuk memberikan sumbangan manajerial bagi manajemen untuk dapat melakukan efektivitas dan efisiensi biaya sebagai dasar competitive advantage, khususnya mendukung strategi cost leadership bagi badan usaha. Keunggulan ini memerlukan penggunaan dari fasilitas-fasilitas suatu badan usaha secara efisien. Fokusnya ditujukan pada bagaimana mengendalikan biaya dalam pencapaian tujuan badan usaha yang bersangkutan. Competitive advantage hanya dapat dipahami dengan melihat badan usaha sebagai suatu keseluruhan dari banyak ragam aktivitasnya dalam mendesain, memproduksi, memasarkan, mendistribusikan dan mendukung produknya agar tercapai cost reduction. Competitive advantage atau keunggulan bersaing tumbuh dari nilai yang diciptakan bagi pembeli. Nilai tersebut dapat berbentuk harga yang lebih murah dibandingkan harga pesaing atas manfaat yang sama atau menekan biaya atas suatu proses tertentu. Alat utama menganalisis sumber keunggulan bersaing ini adalah value chain analysis. Analisis value chain cost memilah-milah suatu badan usaha ke dalam berbagai aktivitas antara lain aktivitas primer yaitu terdiri dari : inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing and sales, service dan aktivitas pendukung yang terdiri dari : aktivitas procurement, technology development, human resources management dan firm infrastructure. Alokasi biaya dan aktiva tetap dilakukan pada tiap-tiap aktivitas tersebut serta dilakukan analisis berdasarkan direct activities, indirect activities dan quality assurance. Analisis atas penggunaan sumber...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 05 Jun 2014 03:49
Last Modified: 07 Jul 2014 04:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item