Pengaruh Pelatihan Courageous Followership untuk Meningkatkan Kualitas Leader-Member Exchange (LMX) pada Pegawai di BP2KB Provinsi Jawa Timur

DINIMARTANI, DIAH ASRI (2014) Pengaruh Pelatihan Courageous Followership untuk Meningkatkan Kualitas Leader-Member Exchange (LMX) pada Pegawai di BP2KB Provinsi Jawa Timur. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236113

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari peningkatan kualitas leader-member exchange dengan pemberian pelatihan courageous followership pada pemimpin dan staf di empat bidang teknis (PKHP, KB, PPA, PUG & PUA) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan tipe penelitian action research. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 11 orang pegawai pada level pemimpin dan staf yang berada di empat bidang teknis (PKHP, KB, PPA, PUG & PUA). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala leader-member exchange dari Liden dan Mslyn (1998). Pengujian hipotesa dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji statistik Wilcoxon Signed-Rank test untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas relasi leader-member exchange dengan disertai pula peningkatan pada empat dimensinya (afeksi, loyalitas, kontribusi dan respek profesional). Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menetapkan intervensi yang tepat untuk mengatasi permasalahan dengan memberikan intervensi berupa pelatihan courageous followership pada pemimpin dan staf. Selanjutnya, peneliti melakukan uji beda pada skor leader-member exchange dari kesuluruhan situasi (pre-test, post-test dan follow-up) menunjukkan hasil adanya perbedaan pada pemimpin dengan menerapkan relasi dyadic skor pemimpin dengan staf = 0.043 (p<α = 0.05). Hasil uji beda melalui relasi dyadic, menunjukkan adanya perbedaan pada skor relasi dyadic pada pemimpin merupakan bentuk tingkat penyesuaian kualitas relasi (leader-member exchange) terhadap perubahan yang terjadi pada skor staf. Pemimpin secara tidak langsung berusaha untuk meningkatkan kualitas relasi leader-member exchange dikarenakan staf pun menunjukkan adanya usaha untuk menghadapi setiap perubahan dan permasalahan yang terjadi dalam satu tim melalui pendekatan personal yang lebih baik, sehingga meminimalkan adanya kesalahpahaman dan sebagai bentuk keterbukaan untuk menerima kekurangan serta kelebihan dari orang lain maupun diri sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Leader Member Exchange, Followership
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:31
Last Modified: 12 Jun 2014 04:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16389

Actions (login required)

View Item View Item