TANUJAYA, ANGELYNA (2013) Pengembangan Dan Prospek Pemasaran Pakaian Organik Berdasarkan Persepsi Konsumen Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3696_Abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Isu lingkungan yang semakin menjadi perbincangan hangat baik di kalangan masyarakat hingga pelaku usaha membuat masyarakat menjadi semakin peduli terhadap lingkungan. Masyarakat mulai menggunakan produk ramah lingkungan seperti kantong plastik daur ulang, botol minuman yang diremukkan, tas daur ulang. Namun produk ramah lingkungan yang ada saat ini kurang memperhatikan fashion dan trend yang ada. Salah satu contoh produk yang memikirkan fashion dan trend adalah produk pakaian. Pakaian yang ada saat ini terbuat dari bahan yang kurang ramah lingkungan seperti nylon dan polyester yang susah terurai. Di luar negeri sendiri, trend pakaian organik sudah mulai dikembangkan. Hal ini terbukti dari semakin banyak desainer yang merancang pakaian dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti katun organik, sutra organik, bambu, dll. Oleh karena itu perlu adanya perancangan dan pengenalan pakaian organik kepada masyarakat Indonesia khususnya Surabaya. Perancangan pakaian organik yang dipilih yaitu perancangan kaos berkerah organik karena dari segi harga lebih murah jika dibandingkan dengan blouse atau dress. Selain itu kaos berkerah sering digunakan oleh mahasiswa untuk keperluan kampus dan digunakan bepergian santai dengan teman maupun keluarga. Tahapan dalam perancangan produk ini adalah dimulai dari identifikasi customer needs melalui kuesioner, membuat spesifikasi produk, konsep generasi dengan membuat pohon klasifikasi, menyeleksi konsep yang ada dengan concept screening dan concept scoring. Dari 8 konsep dalam pohon klasifikasi terpilih 1 konsep dalam concept scoring yaitu kaos berkerah dengan bahan 100% organik dengan motif polos dan ada aksesoris pelengkap seperti kancing. Dari konsep yang dipilih akan dilakukan pengujian konsep dan pengujian produk. Untuk prospek pemasaran produk ini akan dihitung berdasarkan hasil peramalan jumlah penduduk Surabaya yang sesuai target. Dari peramalan jumlah penduduk Surabaya didapatkan pasar potensial, pasar potensial efektif dan permintaan efektif dari tahun 2014-2018. Data-data terkait didapatkan dari sumber BPS (Badan Pusat Statistik). Perancangan kaos berkerah organik ini disertai dengan strategi pemasaran yang berkaitan dengan STPD. Segmentasi dari segi geografis untuk kaos berkerah organik ini adalah untuk wilayah Surabaya. Segmentasi dari segi demografis adalah untuk usia 20-40 tahun. Segmentasi dari segi psikografis, produk ini ditujukan kepada masyarakat perkotaan yang gemar berbelanja di mall. Tagline untuk produk ini adalah “Save people, save our planet” Sedangkan diferensiasi produk ini mengutamakan keistimewaan produk dari bahan dan desain. Strategi lainnya adalah 4P (Product, place, price dan promotion). Produk kaos berkerah organik ini memiliki keunggulan dari segi bahan dan desain. Harga yang diberikan untuk kaos berkerah organik ini adalah sekitar Rp.250.000- Rp.450.000 dan 73.33% responden mengatakan tertarik untuk membeli produk ini. Hasil tersebut didapatkan dari penyebaran kuesioner di Universitas Petra, Universitas Surabaya, perkantoran dan mall. Produk ini nanti akan dijual di mall-mall yang ada di Surabaya seperti di Ciputra World, Grand City, Galaxy Mall dan Tunjungan Plaza. Promosi dilakukan melalui media online, mengadakan pameran yang bertemakan go green dan melalui media cetak.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pengembangan produk, prospek pemasaran, pemasaran produk, kaos berkerah organik |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 03:45 |
Last Modified: | 16 Jun 2014 03:45 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16561 |
Actions (login required)
View Item |