Perancangan Metode Poka-Yoke Pada Proses Layanan Toko Sejahtera Kendari

HARTANTO, CORYNA (2013) Perancangan Metode Poka-Yoke Pada Proses Layanan Toko Sejahtera Kendari. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5287_Abstrak.pdf

Download (34Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232214

Abstract

Salah satu hal yang menentukan keberhasilan sebuah badan usaha adalah proses layanan pada toko ritel itu sendiri, ternyata ada banyak berbagai masalah yang mengakibatkan adanya keluhan dari konsumen. Sehingga diperlukan cara untuk dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dan memperbaiki kualitas layanan internal yang ada. Tujuan dan manfaat studi ini adalah untuk menerapkan metode poka-yoke yang dapat digunakan untuk mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan yang akan mungkin terjadi pada layanan internal toko Sejahtera. Dari aspek akademis penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan atau referensi baik bagi penelitian lebih lanjut ataupun pendalaman pengetahuan terkait dengan poka-yoke. Penelitian ini menggunakan metode poka-yoke. Toko Sejahtera merupakan objek dari penelitian ini. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan pada proses layanan internal toko Sejahtera yang kemudian dianalisa dan dicari kemungkinan kegagalan (failure) yang terjadi atau yang sudah terjadi. Setelah ditemukan kegagalan (failure) maka mulai dicari alternatif-alternatif pemecahan untuk mencegah kesalahan yang akan terjadi dan aktivitas atau tindakan pada kesalahan yang telah terjadi dengan menggunakan metode poka-yoke. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses layanan internal di toko Sejahtera yang terlihat begitu mudah dan tidak rumit, tetap saja bukanlah suatu proses yang terjadi tanpa kesalahan. Masih terdapat berbagai masalah yang terjadi dan mungkin terjadi. Dengan semua masalah yang terjadi memberikan dampak yang kurang baik pada kinerja layanan toko Sejahtera dalam memberikan layanan yang terbaik untuk konsumennya menjadi tidak tercapai. Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh toko Sejahtera untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Kesalahan yang terjadi dapat ditangani dengan warning yaitu mendesain lembar peringatan dalam ketepatan menghitung uang, selanjutnya dapat ditangani dengan control yang dapat dilakukan dengan menyusun prosedur bagi para karyawan agar dapat mencegah terjadinya kesalahan

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: poka-yoke, desain proses, failure
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 16 Jun 2014 06:28
Last Modified: 16 Jun 2014 06:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16610

Actions (login required)

View Item View Item