YANGGAH, HONEY ELISA (1999) Customer Profitability Analysis Sebagai Alat Bantu Bagi Manajemen dalam Usaha Meningkatkan Marjin Laba CV. X di Jakarta. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1352_Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Kondisi yang terjadi di negara kita menyebabkan daya beli konsumen menurun dan persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, badan usaha harus pandai dalam menarik pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang dimiliki. CV "X" berhasil mempertahankan pelanggan-pelanggannya bahkan dapat meningkatkan jumlahnya selama tahun 1998 sebanyak hampir 15%. Frekuensi transaksi setiap pelanggan juga meningkat sekitar 6%. Pertumbuhan jumlah dan frekuensi transa.ksi pelanggan ini meningkatkan volume penjualan bersih badan usaha sekitar 11%, disertai dengan kenaikan biaya operasional hampir 18% sehingga marjin laba badan usaha mengalami penurunan sekitar 5,6%. Untuk menilai kinerja manajemen dalam meningkatkan marjin labanya, badan usaha menghitung profitabilitas CV "X" secara keseluruhan sehingga tidak dapat diketahui apa yang menyebabkan biaya tersebut meningk:at akibatnya usaha manajemen untuk meningkatkan marjin Iaba badan usaha menjadi terhambat. Dengan teknik ABC dalam perhitungan profitabilitas pelanggan, dapat diketahui aktivitas apa yang menyebabkan biaya-biaya operasional badan usaha mengalami kenaikan. Teknik ini juga menunjukkan terjadinya subsidi silang yang diakibatkan dari basil perhitungan dengan teknik konvensional. Kenaikan biaya-biaya tersebut karena setiap pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga aktivitas yang diserap oleh masing masing pelanggan berbeda pula akibatnya biaya yang ditimbulkan juga berbeda, karakteristik ini membagi pelanggan menjadi empat kelompok. Segmen end user dan hyperstore dikategorikan ke dalam kelompok carriage, segmen counter termasuk kelompok aggressive, segmen toko kelompok bargain basement sedangkan segmen grosir dan supplier termasuk kelompok passive customer. Temyata dari hasil analisis profitabilitas pelanggan secara kumulatif diketahui bahwa hanya 40,22% dari seluruh pelanggan yang memberikan kontribusi positif terhadap profitabilitas badan usaha sedangkan sisanya hampir break even bahkan negatif Analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan teknik Decision Grid Analysis membagi pelanggan menjadi tiga kelompok. Segmen end user, hyperstore dan grosir tennasuk kelompok winners sedangkan segmen supplier tennasuk kelompok potential. Kedua kelompok ini merupakan segmen yang menguntungk:an bagi badan usaha. Segmen toko dan counter dikategorikan kelompok losers dengan kontribusi negatif terhadap profitabilitas badan usaha secara keseluruhan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Suwardi 193009 |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 07:15 |
Last Modified: | 16 Jun 2014 07:15 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16632 |
Actions (login required)
View Item |