Pembuatan Program Pembelajaran Proses Fertilisasi Dan Perkembangan Embrio Yang Terjadi Pada Manusia

DADHONA, IDDHYARIESTA (2013) Pembuatan Program Pembelajaran Proses Fertilisasi Dan Perkembangan Embrio Yang Terjadi Pada Manusia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_66_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_66_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232769

Abstract

Pembelajaran mengenai proses fertilisasi dan perkembangan embrio pada manusia merupakan sebuah acuan dari sistem reproduksi manusia yaitu sebuah materi pelajaran yang patut dipelajari oleh setiap anak dibangku sekolah. Pelajaran tersebut tentunya diberikan bagi seorang anak yang telah tumbuh ke arah lebih dewasa, agar bisa mampu mengenal akan nilai-nilai yang diterimanya. Maka dari pada itu pelajaran mengenai sistem reproduksi manusia ini mulai dipelajari sewaktu masa seorang anak menginjak usia remaja atau pubertas (Sekolah Menengah Pertama kelas IX). Dalam memahami pelajaran tersebut, adapun buku acuan atau pedoman untuk dapat membantu prosesi belajar bagi anak, namun tidak semua buku acuan yang diberikan dapat mengajak seorang anak agar aktif dalam belajarnya. Kendala tersebut membuat kejenuhan dalam proses belajar di rumah karena materi mengenai sistem reproduksi sangat luas untuk dipelajari, apalagi harus melihat dari sisi pengguna dari pada buku tersebut. Pencarian sebuah materi pelajaran dapat dilakukan melalui media yang sudah ada selain buku yakni internet dan video pembelajaran. Dari beberapa media yang telah disebutkan, semua pelajaran yang diinginkan memerlukan pencarian, kesesuaian dan pemahaman lebih lanjut agar mudah ditanggap dan diterima dengan baik mengenai materi pelajarannya. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif yang menarik yang dapat membantu seorang anak dalam proses belajarnya, agar mampu menguasai akan sebuah materi sistem reproduksi manusia baik dari segi visualisasi aplikasi yang diberikan, fleksibelitas dalam belajar, dan interaksi pengguna dengan aplikasinya lebih aktif dalam proses belajar. Penyajian informasi akan materi-materinya dirangkum dengan penyesuaian pelajaran yang diterima seorang anak saat di sekolah. Uji coba sudah dilakukan, baik oleh penyusun, maupun oleh pihak yang diuji yaitu siswa SMP IX dan dosen pembimbing, untuk mengevaluasi Aplikasi Multimedia Interaktif ini. Dari hasil uji coba, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi multimedia interaktif yang dibuat mampu memberi informasi yang jelas bagi pengguna dari pada aplikasi dan mampu membawa dampak positif dalam dunia pendidikan ke era modern. Pemanfaatan aplikasi multimedia interaktif ini dapat dikembangkan lebih lanjut di masa yang akan datang. Misalnya dapat digunakan untuk memberikan penyajian semua mata pelajaran yang dipelajari di sekolah selain pembelajaran sistem reproduksi dan dapat dirangkum dalam sebuah aplikasi agar lebih mempermudah dalam proses belajar, serta dapat menghemat biaya dan waktu yang ada untuk mendapatkan sebuah pembelajaran yang efisien demi perkembangan sebuah pendidikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: aplikasi pembelajaran, multimedia interaktif, sistem reproduksi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 17 Jun 2014 03:36
Last Modified: 17 Jun 2014 03:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16800

Actions (login required)

View Item View Item