Penerapan Customer Profitability Analysis dalam Penilaian Profitabilitas Pelanggan dengan Alat ABC untuk Mengendalikan Customer Cost pada PT. X di Jember

Andriyani, Ervin (1999) Penerapan Customer Profitability Analysis dalam Penilaian Profitabilitas Pelanggan dengan Alat ABC untuk Mengendalikan Customer Cost pada PT. X di Jember. [Undergraduate thesis]

[img] PDF
AK_1366_Abstrak.pdf

Download (343b)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153445

Abstract

Penentuan strategi bagi badan usaha sangatlah penting. Bila badan usaha dapat memfonnulasikan strategi secara tepat serta mengimplementasikan dengan baik, maka ia berpeluang untuk bisa eksis di pasar. Masing-masing badan usaha bersaing untuk memperebutkan konsumen karena itu mereka berusaha untuk memberikan layanan-layanan yang memuaskan pelanggannya. Untuk mencapai tujuan ini dengan kendala keterbatasan sumber daya yang dimiliki badan usaha maka badan usaha harus mengetahui pelanggan mana yang menguntungkan dan pelanggan mana yang tidak menguntungkan. Karena itu badan usaha harus memiliki infonnasi yang akurat untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. lnfonnasi ini berupa perhitungan biaya untuk mengetahui segmen mana yang menguntungkan. Perhitungan biaya yang dilakukan dalam studi ini menggunakan metode Activity Based Costing yang menggunakan alat bantu Customer Profitability Analysis. Tujuannya adalah untuk menganalisis semua biaya dan pendapatan yang dihasilkan oleh masing-masing segmen pelanggan guna memperoleh infonnasi mengenai kontribusi laba yang diberikan oleh masing-masing kelompok pelanggan. Dengan informasi ini, badan usaha dapat mengarahkan sumber dayanya kepada pelanggan yang tepat sehingga tidak terjadi adanya subsidi silang. Dari perhitungan dengan menggunakan metode Activity Based Costing dalam menganalisis profitabilitas PT. "X" di Jember menunjukkan bahwa pelanggan Jember memberikan kontribusi laba terbesar yaitu sebesar 24,55% dengan biaya layanan yang diserap sebesar 9,58%. Kelompok pelanggan ini merupakan kelompok pelanggan paling menguntungkan dibandingkan kelompok pelanggan lainnya sehingga tennasuk kategori kelompok winners. Untuk kelompok pelanggan Bondowoso memberikan kontribusi laba sebesar 7,33% dengan biaya yang diserap sebesar 26,171%. Pelanggan ini termasuk kelompok winners karena volume penjualan yang cukup besar dan margin laba yang positif sehingga kelompok pelanggan ini juga harus dipertahankan. Kelompok pelanggan Situbondo dan Lumajang membrikan kontribusi laba masing-masing sebesar 6,53% dan 2,71% dengan biaya yang diserap oleh kelompok pelanggan Lumajang sebesar 26,189% dan biaya yang diserap oleh kelompok pelanggan Lumajang sebesar 29,38%. Kedua kelompok pelanggan ini termasuk kategori kelompok winners. Dengan melihat basil perhitungan yang diperoleh berdasarkan metode Activity Based Costing maka badan usaha dapat melihat aktivitas­ aktivitas mana yang banyak menyerap biaya sehingga badan usaha dapat mengendalikan biaya dari aktivitas tersebut. Dengan informasi ini, badan usaha akan semakin dapat bersaing dengan badan usaha lainnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 17 Jun 2014 06:56
Last Modified: 18 Jun 2014 08:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item