Wongsodihardjo, Hermini (1995) Penerapan Activity Based Costing Pada Analisis Profitabilitas Produk Untuk Meningkatkan Laba Pada CV. X Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
AK_357_Abstrak.pdf Download (341B) |
Abstract
Dalam lingkukungan bisnis yang makin kompetiti, kebutuban akan infonnasi yang akurat biaya dan laba biaya tiap-tiap produk sangat penting.Setiap badan usaha memiliki sumber daya terbatas Dengan sumber daya yang terbatas badan usaha selalu beruaha meningkatka laba. Hal ini menuntut badan usaha untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki dengan efektif dan lebih mengarah usaha usaha penjualannya keproduk produk yang kurang menguntungkan menjadi lebih menguntungkan melalui tindakan tindakan dalan hal harga hubungannya dengan pelanggan.Gambaran produk mana yang menguntungkan dan tidak dapat diperoleh dengan melakukan menganalisis probabilitas produk semua biaya yang berhubungan dengan produk yang dikeluarkan oleh badan usaha harus dikurangkan dari penjualan yang dihasilkan oleh produk tersebut.Salah satu informasi yang penting yang dibutuhkan dalam analisis probabilitas produk informasi mengenai biaya produk.Biaya produk yang hanya terdiri dari biaya produk yaitu biaya bahan baku biaya tenaga kerja langsung dan biaya averhead pabrik dan akan menghasilkan analisis probabilitas produk yang tidak tepat karena belung memperhitungkan biaya biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk yaitu biaya penjualan,umum dan administrasi.Untuk membebankan biaya keproduk dengan akurat,digunakan activity based costing karena sistem membebankan biaya berdasarkan aktivitas yang dikonsumsi oleh tiap tiap produk.Sedangkan sistem tradisionel hanya mengunakan dasar alokasi berdasarkan volume.Hasil analisis probalitas produk berdasarkan sistem activity based costing memberikan gambaran yang lebih jelas bahwa tiap tiap produk mengonsumsi aktivitas dan badan usaha yang tidak sama jumlahnya.Hasil analisis yang dilakukan pada C V."X" menunujukan bahwa produk pallet merupakan produk yang paling menguntungkan,sedang produk linier strip merupakan produk yang tidak menguntungkan.Dari hasil ini diharapkan badan usaha dapat mengarahkan usaha usaha penjualanya pada produk produk yang tepat sehingga peningkatan laba yang diharapkan bisa tercapai
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Suwardi 193009 |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 03:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2014 03:28 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17063 |
Actions (login required)
View Item |