Studi Tentang Keberadaan Product Costing Pada Beberapa Perusahaan Air Minum Mineral Di Surabaya

Setyadarma, Hendry (1994) Studi Tentang Keberadaan Product Costing Pada Beberapa Perusahaan Air Minum Mineral Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img] XML
KS-AK-263.xml

Download (1546b)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154463

Abstract

Informasi biaya produk adalah sangat penting bagi manajemen dalam melaksanakan fungsinya sebagai pengambil keputusan. Selain itu pihak eksternal seperti kreditur, investor, dan departemen perpajakan juga membutubkan informasi biaya produk tersebut, meskipun bentuk dan cara penyajian dari informasi tersebut mungkin berbeda. Manajemen mungkin lebih menyukai informasi biaya untuk tiap jenis produk, agar dapat melakukan perencanaan dan pengendalian operasi perusabaan secara lebih baik. Namun pihak eksternal akan lebih menyukai biaya produk secara keseluruhan karena kepentingannya adalah melihat keadaan dari perusahaan secara keseluruhan. Karena pentingnya informasi biaya produk tersebut maka proses untuk menentukan biaya produk tersebut atau yang disebut sebagai product costing juga dituntut agar dilakukan sebaik-baiknya agar penentuan biaya produk tersebut benar dan akurat. Dalam melakukan product costing dapat digunakan konsep full costing maupun variable costing. Product costing dengan aenggunakan konsep full costing memasukkan semua biaya pabrikasi untuk menentukan biaya produk, sedangkan product costing dengan aenggunakan variable costing hanya memasukkan komponen biaya pabrikasi variabel saja untuk menentukan biaya produk. Semua perusahaan yang telah menyusun Laporan Keuangan seharusnya telah melakukan product costing dengan aenggunakan konsep full costing. Hal ini karena untuk menyusun Harga Pokok Penjualan (sebagai bag ian dari Laporan Rugi/Laba), harus ditentukan terlebih dahulu Harga Pokok Produksinya. Harga Pokok Produksi ini merupakan laporan yang dihasilkan dari aktivitas product costing diatas. Jadi adalah jelas bahwa perusahaan yang telah membuat laporan keuangan pasti telah melakukan product costing. Namun apakah setiap perusahaan tersebut telah melakukan product costing tersebut secara benar dan konsisten merupakan hal yang harus dipertanyakan. Skripsi ini berisi penelitian pada beberapa perusahaan air minum mineral yang berkantor pusat di Surabaya sebagai target populasi dan kebenaran dan konsistensi product costing yang dilakukan sebagai parameter yang ingin diuji. Dalam melakukan penelitian ini parameter yang diuji tersebut diidentifikasikan menjadi beberapa sub-parameter yang kemudian dipakai untuk menyimpulkan parameter tersebut. Dengan menggunakan metoda statistik dalam mengolah dan menguji simpulan yang didapatkan maka akhirnya didapatkan konklusi, implikasi dan rekomendasi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 18 Jun 2014 09:11
Last Modified: 18 Jun 2014 09:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item