Penerapan Life Cycle Costing Dalam Penetapan Harga Produk PT. X Di Sidoarjo

Santoso, Jusiani (1995) Penerapan Life Cycle Costing Dalam Penetapan Harga Produk PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_371_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_371_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154311

Abstract

Dewasa ini perkembangan di bidang teknologi cukup pesat. lndustri-industri terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang ada khususnya bagi industri manufaktur. Di dalam pemanfaatan berbagai teknologi yang ada badan usaha harus dapat memanfaatkan teknologi secara tepat dan benar terutama bagi pemanfaatan teknologi di dalam pengolahan dan penyajian informasi yang tepat. Karena informasi sebagai kunci pokok pada setiap keputusan manajerial adalah besar manfaatnya . Semakin tepat dan akurat pengolahan dan penyajian informasi maka segala keputusan yang diambil akan dapat menjamin setiap keputusan badan usaha secara keseluruhan. Salah satu informasi penting adalah informasi mengenai biaya. Penetapan biaya harus tepat karena pen etapan biaya yang keliru akan memberi dampak bagi keputusan yang diamb i l. Penctapan biaya atas produk memiliki berbagai cara tergantung manfaat yang akan diambil dari penetapan biaya itu sendiri. Apabila manfaat penetapan biaya i ni ditujukan bagi pihak eksternal maka penetapan biaya atas produk adalah disamakan dengan penetapan biaya-biaya selama produksi atau sering disebut biaya produksinya. Sedangkan hila manfaat yang akan diambil nantinya berhubungan dengan keputusan manajerial badan usaha seperti menilai profitabilitas, menetapkan lini produk yang akan diproduksi dan juga untuk perencanaan penetapan harga produk maka penetapan biaya ini adalah biaya yang benar-benar terkait 1angsung dengan produk atau sering disebut bi aya produk. Penetapan biaya produk untuk tujuan penetapan harga dilakukan atas seluruh biaya yang terjadi selam usia hidup produk. Biaya ini tidak hanya meliputi biaya produksi y ang terjadi selama memproduksi produk tersebut tapi biaya ini adalah ditetapkan lebih luas hingga pada biaya-.biaya selama pengembang-an produk dan hiaya-biaya yang berhubungan dengan pcmasaran produk terscbut. Biaya yang dikeluarkan untuk suatu produk selama usia hidupnya disebut sebagai biaya daur hidup produk (l, le Cycle Cost ). Secara keseluruhan biaya daur hidup produk dibagi atas tiga kategori utama yaitu biaya pengembangan (IJevelopmenl Cost), hiaya produksi (Production Cost) dan biaya logistik (/,ogistic Cos/). Penetapan biaya daur hidup untuk keputusan penetapan harga perlu juga didukung adanya / , f'e Cycle Hudgel karena dalam / ,U'e Cycle HudKel dimungkinkan untuk melakukan penghematan biaya mencapai IU'e c:vde co.'il yang minimum . Oleh karena itu menetapkan harga produk melalui penyusunan life '')'c/e hudJ;el akan memberikan informasi yang lebih baik bagi manajemen untuk keputusan perencanaan harga yang tepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 18 Jun 2014 09:31
Last Modified: 02 Feb 2015 04:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item View Item